Hari Pahlawan 10 November 2020: Tema dan Makna Logo Hari Pahlawan ke-75

- 10 November 2020, 06:46 WIB
Logo hari pahlawan 2020.
Logo hari pahlawan 2020. /Kemensos RI

BERITA DIY - Hari ini tepat pada Selasa 10 November 2020 Indonesia memperingati dan merayakan Hari Pahlawan (Harwan) Nasional. Sesuai dengan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlwan, Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Keppres yang ditandatangani oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, bertepatan di tahun 2020 menjadi Hari Pahlawan yang ke-75.

Perayaan nasional Hari Pahlawan tahun 2020 mengusung tema 'Pahlawan Sepanjang Masa', dengan maksud mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Mulai Cair ke Karyawan via BRI, BNI, Mandiri, BCA: Cek Namamu di Sini

Baca Juga: Yang Tanya Kapan BSU BLT Subsidi Gaji Tahap 2 Cair, Proses Olah Data Selesai! Kapan Ditransfer?

Meskipun dalam masa pandemi covid, Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna.

"Melalui peringatan Harwan tahun 2020 di tengah pandemi covid 19, diharapkan masyarakat juga dapat turut berpartisipasi dan menggunakan semangat dan nilai kepahlawanan dengan berbagai kegiatan sesuai protokol kesehatan," dikutip dari edaran resmi pedoman pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 yang ditandatangani Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos Edi Suharto dan Ketua Umum Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan 2020 Helmy Yahya.

Baca Juga: Cara Daftar Bantuan BLT UMKM, Cek SMS BPUM BRI eform.bri.co.id/bpum Banpres Rp2,4 Juta Cair

Tema Hari Pahlawan Tahun 2020

Perayaan dan peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 mengusung tema 'Pahlawanku Sepanjang Masa'.

Tema ini memiliki makna filosofis, yakni sebuah upaya yang bisa kita lakukan untuk terus mengenang sepanjang masa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Baca Juga: Buat yang Tanya Kapan, Ketahui Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 11

Jika perjuangan pahlawan terdahulu adalah mengangkat senjata, kini kita sebagai penerus bangsa mengilhami para pahlawan sebagai inspirasi untuk kembali meneruskan perjuangan, menumpas permasalahan bangsa: kemiskinan, paham-paham radikal, narkoba, dan termasuk berjuang melawan pandemi covid 19.

Tema Harwan 2020 kali ini juga menyalurkan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Serta membantu sesama yang membutuhkan sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Logo Hari Pahlawan 2020

Desain logo Harwan 2020 mengambil warna pokok bendera Indonesia, merah dan putih. Berbentuk lingkaran sempurna dan diiringi dengan tulisan tema Harwan 2020 Pahlawan Sepanjang Masa Hari Pahlawan 2020.

Bendera Indonesia melintang panjang melewati sosok siluet hitam yang membawa bambu runcing yang diikatkan bendera merah-putih dan dibawa dengan gagah.

Baca Juga: Donald Trump Kalah Pilpres AS, Cina Justru Tunda Kirim Selamat kepada Joe Biden: Ini Alasannya

Sosok itu bisa diinterpretasikan sebagai perwakilan muda-mudi Indonesia yang berusaha dan berjuang melanjutkan kembali perjuangan para pahlawan.

Logo terbaru untuk peringatan Harwan 2020 dari Kemensos RI sangat mencirikan identitas diri bangsa Indonesia.

Mari kita jadikan Hari Pahlawan Tahun 2020 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Masa Kini yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.***

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x