Harap Waspada, Beberapa Daerah di Indonesia Ini Berpotensi Terjadi Tsunami

- 27 September 2020, 07:01 WIB
Ilustrasi terjadinya tsunami besar.
Ilustrasi terjadinya tsunami besar. /Tim Berita DIY 3/pikiran-rakyat.com

BERITA DIY - Hampir di seluruh wilayah geografis Indonesia memiliki banyak daerah pertemuan lempeng yang tentu saja dapat mengakibatkan potensi tsunami yang dapat terjadi dibanyak tempat, hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Potensi tsunami tersebut dapat terjadi di daerah pertemuan lempeng tektonik, hal ini dapat ditelusuri dari Laut Andaman di bagian Tenggara Pulau Sumatera, di Simeulue, Nias, Mentawai, Enggano hingga ke bagian selatan Jawa sampai ke Nusa Tenggara.

Dilansir dari prfmnews.id via Antara, "Jadi ancaman tsunami tidak hanya di selatan Jawa. Di sepanjang jalur pertemuan lempeng, di mana itu ada sumber gempa dan itu di laut sumber gempanya dengan magnitude besar, ya itu bisa berpotensi tsunami," ujar Rahmat Triyono pada Jum'at 25 September 2020.

Baca Juga: Memori Berdarah di Timor Leste Saat Ramos Horta Hampir Mati Ditembak, Rakyat Merasa Dianaktirikan

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya Dengan Judul:Selain Pulau Jawa, Beberapa Daerah di Indonesia Ini Berpotensi Terjadi Tsunami

Triyono juga menambahkan jika gempa-gempa besar yang dapat menimbulkan tsunami itu memiliki periode kejadian hingga ratusan tahun dan potensi terulangnya bisa sangat besar dalam kurun waktu yang lama.

"Tergantung perulangan sebelumnya, tahun berapa pernah terjadi dan kapan akan terjadi berikutnya," jelasnya.

Sementara itu terkait adanya potensi tsunami mencapai 20 meter di wilayah selatan Pulau Jawa, dia menerangkan, hal itu disebabkan adanya pergerakan lempeng tektonik cukup aktif di wilayah Indo-Australia dengan Eurasia.

Baca Juga: Kabar Gembira, BLT dan Subsidi Gaji Covid-19 Akan Diperpanjang oleh Pemerintah Hingga 2021

Halaman:

Editor: Galih Nur

Sumber: PRFM News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x