Menteri ATR Adalah Apa? Ini Profil Agus Harimurthi Yudhoyono yang Dikabarkan Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

- 21 Februari 2024, 10:29 WIB
Menteri ATR adalah apa? Ini profil Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) yang dikabarkan dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BPN hari ini.
Menteri ATR adalah apa? Ini profil Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) yang dikabarkan dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BPN hari ini. /Instagram/@agusyudhoyono

BERITA DIY - Simak informasi Menteri ATR adalah apa dan profil Agus Harimurthi Yudhoyono yang dikabarkan dilantik Presiden Jokowi hari ini, Rabu, 21 Februari 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini. Ada dua menteri baru yang akan dilantik.

Yakni Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR atau Kepala BPN dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Negara atau yang dikenal dengan akronim Kementerian ATR BTN adalah salah satu lembaga kementerian di bawah pemerintahan Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Hari Peduli Sampah Nasional 2024 Desain Terbaru Cocok Untuk Instagram, FB, WhatsApp

Menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2015 Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Fungsi Kementerian ATR atau BPN adalah sebagai berikut:

1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang tata ruang, infrastruktur keagrariaan/pertanahan, hubungan hukum keagrariaan/pertanahan, penataan agraria/pertanahan, pengadaan tanah, pengendalian pemanfaatan ruang dan penguasaan tanah, serta penanganan masalah agraria/pertanahan, pemanfaatan ruang, dan tanah;

2. Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang;

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x