Cek Fakta: Habib Rizieq Shihab Tewas Mabuk Pipis Unta Karena Depresi Didatangi Debt Kolektor di Arab

- 23 September 2020, 09:54 WIB
Spanduk Habib Rizieq Shihab di Jakarta.
Spanduk Habib Rizieq Shihab di Jakarta. /Twitter.com/@musniumar

BERITA DIY - Sebuah kabar mengejutkan datang di media sosial Facebook. Beredar sebuah kabar bahwa Habib Rizieq Shihab dilaporkan meninggal dunia karena tertabrak unta di Arab Saudi. Habib Rizieq diberitakan mabuk pipis unta dan depresi berat.

Informasi yang kemudian dinyatakan sebagai informasi palsu atau hoax ini disebarkan oleh pemilk akun facebook Yoga Howedes di grup publik PKS (Partai Konyol Sebahtera).

Pemilik akun tersebut membagikan sebuah tangkapan layar salah satu media online luar negeri New York Times yang diberi judul 'HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi.

Baca Juga: Siap-Siap! Kartu Prakerja Gelombang 10 Segera Dibuka, Begini Cara Daftar dan Tips Lolos Seleksinya

Baca Juga: Cara Dapat BLT Banpres UMKM Rp 2,4 Juta dengan Modal KTP, Ini Syaratnya

Tangkapan Layar HOAX Habib Rizieq Tewas Mabuk Pipis Unta
Tangkapan Layar HOAX Habib Rizieq Tewas Mabuk Pipis Unta Turn Back Hoax. Doc. Mafindo



Dikutip dari Pikiranrakyat-bandungraya.com dari situs Turn Back Hoax, pada Selasa 22 September 2020, terdapat beberapa keterangan untuk  meluruskan informasi hoaks tersebut.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Tahap 4 Mulai Cair, Begini Cara Cek Nama Penerima lewat SMS dan WA

Sebelumnya, adapun narasi yang ditulis dalam tangkapan layar media New York Times tersebut seperti diberitakan PR Bandung Raya dengan judul: Cek Fakta: Habib Rizieq Shihab Dikabarkan Meninggal Dunia akibat Tertabrak Unta di Arab Saudi

"Sumber lokal menuturkan si Korban dengan sengaja menerobos batas dan memasuki lintasan balap. Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata beliau sedang mabuk Pipis unta karena tengah mengalami masalah finansial serius. Tetangga terdekat menuturkan setiap hari didatangi debt kolektor sebelum akhirnya mengalami depresi berat".

Baca Juga: Hore! BLT Subsidi Gaji BPJS Tahap 4 Cair Hari Ini Ditransfer dari Bank HIMBARA dan Bank Swasta

Faktanya, ketika mengunjungi situs dari New York Times dan mencari artikel tersebut dengan kata kunci "HRS" dan "Arab Saudi" maka tidak ada artikel seperti yang diunggah oleh sumber klaim.

Disinyalir, unggahan tersebut merupakan hasil suntingan yang dibuat sengaja oleh oknum yang ingin menyesatkan warganet dengan pemberitaan palsu atau hoaks.

Terlebih unggahan-unggahan terdahulu dari akun Facebook bernama Yoga Howedes memang didominasi oleh pemberitaan hoaks.

Baca Juga: Syarat dan Cara Dapat BLT Bansos Rp 500 Ribu per KK Cair Bulan Ini, Cek Keluargamu di Sini

Baca Juga: Status Insentif Prakerja Sedang Diproses Terus? Ikuti Langkah Ini agar Segera Cair

Berdasarkan semua keterangan di atas, maka informasi yang disebarkan oleh pemilik akun @YogaHowedes termasuk ke dalam kategori misleading konten atau konten menyesatkan.

Untuk itu, bagi masyarakat khususnya pengguna media sosial, disarankan untuk lebih teliti terhadap pemberitaan yang tersebar belakangan ini dan jangan mudah menyebarkan informasi yang belum tentu akan kebenarannya.*** (Soni Utomo Putra/PR Bandung Raya)

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Turn Back Hoax PR Bandung Raya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x