Ini yang Membuat Jutaan Orang Gagal Dapat Kartu Prakerja, Hindari Agar Lolos di Gelombang 9

- 17 September 2020, 09:02 WIB
Kartu Prakerja, simak langkah-langkah mengikuti pelatihan pertamamu.
Kartu Prakerja, simak langkah-langkah mengikuti pelatihan pertamamu. /Prakerja

BERITA DIY - Diantara 23,17 juta orang pelamar Kartu Prakerja yang mendaftar, hanya ada 18 juta orang yang emailnya terverifikasi.

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengatakan dari 18 juta orang, yang lolos validasi NIK berdasarkan data Dukcapil mencapai 13,4 juta orang. Lalu yang lolos verifikasi nomor telepon hanya 12 juta peserta.

Denni mengakui pendaftar yang tak lolos verifikasi email cukup tinggi. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena banyak peserta tidak teliti ketika memasukkan alamat email atau email yang didaftarkan sudah penuh dan sudah lama tidak aktif.

Baca Juga: Cek Saldo ATM Sekarang, Bantuan BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Sudah Cair ke Bank BCA, Mandiri, dan BNI

"Saya minta tolong kenapa ada perbedaan 23 juta ke 18 juta, itu karena banyak yang salah ketik email-nya. Kedua, email ada yang penuh atau sudah lama tidak aktif atau masuk spam dan sebagainya. Jadi pastikan daftar Prakerja teliti dan cek sebelum submit email yang ditulis," ujarnya.

Kemudian untuk verifikasi nomor telepon, jumlahnya juga kian menyusut dari 13,4 juta pendaftar, menjadi hanya tersisa 12 juta pendaftar saja.

Denni mengimbau pada peserta Kartu Prakerja untuk terus mengaktifkan nomor yang didaftarkan. Sebab nomor itu yang nantinya akan digunakan pemerintah untuk mentransfer insentif.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bantuan BLT Subsidi Gaji Tahap 3 Rp 600 Ribu Sudah Ditransfer Ke Bank Ini

"Nomor telepon berguna untuk mentautkan rekening tempat insentif disalurkannya Rp 600 ribu itu. Kalau nomor telepon beda atau NIK beda atau akun tidak aktif, tentu lama buat teman-teman dapat insentif," ujarnya.

Menurut Denni, pihaknya setiap hari melakukan pembayaran insentif untuk sekitar 60-80 ribu orang penerima Kartu Prakerja.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x