Ciri-ciri Sifat Munafik Dalam Islam Menurut Al-Quran Surat Al-Ahzab, Nomor 3 Sering Terjadi

- 28 Agustus 2020, 21:44 WIB
Al Quran yang memuat bacaan surah An-Nasr
Al Quran yang memuat bacaan surah An-Nasr //UNSPLASH

BERITA DIY – Munafik sejatinya adalah sifat yang mungkin dimilliki hampir setiap orang. Tapi taukah bahwa sifat ini adalah salah satu sifat yang dibenci Allah SWT.

Tidak hanya itu, tanpa disadari kerap kali sifat ini berada pada orang-orang di sekitar kita atau bahkan kita sendiri memilikinya. 

Munafik dalam Islam adalah sesuatu dimana seseorang berpura-pura mengikuti ajaran agama Islam, tetapi sebenarnya hati mereka memungkirinya.

Baca Juga: Iwan Fals Rilis Lagu Bersama Syarikat Idola Remaja Berjudul Bagimu

Bersumber dari Qur`an Surat Al-Ahzab Allah menjelaskan ciri-ciri orang munafik yang terdapat pada ayat 19 :

أَشِحَّةً عَلَيْكُمْ ۖ فَإِذَا جَآءَ ٱلْخَوْفُ رَأَيْتَهُمْ يَنظُرُونَ إِلَيْكَ تَدُورُ أَعْيُنُهُمْ كَٱلَّذِى يُغْشَىٰ عَلَيْهِ مِنَ ٱلْمَوْتِ ۖ فَإِذَا ذَهَبَ ٱلْخَوْفُ سَلَقُوكُم بِأَلْسِنَةٍ حِدَادٍ أَشِحَّةً عَلَى ٱلْخَيْرِ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ لَمْ يُؤْمِنُوا۟ فَأَحْبَطَ ٱللَّهُ أَعْمَٰلَهُمْ ۚ وَكَانَ ذَٰلِكَ عَلَى ٱللَّهِ يَسِيرًا

Artinya :

"Mereka bakhil terhadapmu, apabila datang ketakutan (bahaya), kamu lihat mereka itu memandang kepadamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati, dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencaci kamu dengan lidah yang tajam, sedang mereka bakhil untuk berbuat kebaikan. Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapuskan (pahala) amalnya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah."

Dalam surat ini dijelaskan 4 ciri-ciri orang munafik, yaitu :

Halaman:

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Hadis Bukhari Muslim Q.S Al-Ahzab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x