Google Ikut Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 lewat Google Doodle

- 17 Agustus 2020, 09:44 WIB
Google Doodle merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-75 di tahun 2020
Google Doodle merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-75 di tahun 2020 /Tangkap Layar/Google/Ina Nurhayati

BERITA DIY - Mesin pencari raksasa Google juga tahu bahwa 17 Agustus 2020 Indonesia sedang penuh suka cita merayakan HUT ke-75. Melalui karya anak bangsa, Google menampilkan hari bersejarah Indonesia di Google Doodle.

Google Doodle merupakan tampilan di laman depan ketika browser sedang digunakan. Halaman muka hari ini diisi dengan ilustrasi berwarna menggambarkan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. Sangat terlihat jelas ilustrator memberikan sentuhan bunga Rafflesia Arnoldi, Harimau Sumatra, baju adat dari Jawa, Betawi, Bali, Papua, ada juga bendera merah putih.

Dilansir dari laman resmi Google, ilustrator untuk doodle perayaan HUT RI kali ini adalah Martcellia Liunic, basis di Jakarta. Martcellia di dalam karya doodle-nya ingin menyampaikan pentingnya ‘Bhineka Tunggal Ika’ di Hari Kemerdekaan. Bahwa Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang memiliki masyarakat paling beragam secara etnis dan 95 persennya adalah asli Nusantara.

Baca Juga: Lirik Lagu Tanah Airku Ciptaan Ibu Sud

Selain menunjukan keberagaman milik Indonesia di dalam Google Doodle, juga ditampilkan ilustrasi Panjat Pinang. Gambarnya memiliki filosofi yang diambil dari sila ke-3. Lebih dari sekadar permainan, Panjat Pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.

Baca Juga: LINK Live Streaming Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Negara 17 Agustus 2020

Kalau dilihat secara detail, tulisan yang membentuk kata Google terdiri dari huruf G digambarkan dengan awan biru, huruf O dengan filosofi Panjat Pinang dan juga Bunga Bangkai, yang hanya ada di Indonesia. Huruf L digambarkan dengan pohon, kekayaan hayati yang dimiliki tanah Indonesia, dan huruf E digambarkan dengan lautan biru, kekayaan alam yang membuat Indonesia menjadi Negara Kepulauan.

Baca Juga: Link Live Streaming Upacara HUT RI Ke-75 di Istana Negara 17 Agustus 2020

Algoritma Google akan mengarahkan semua situs pencarian dengan kata kunci yang berhubungan dengan Hari Kemerdekaan RI dan Perayaan HUT Ke-75 ketika doodle itu diklik. Dengan begitu pengguna akan lebih mudah berselancar untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai Hari Kemeredekaan Indonesia 2020.***

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Google Doodle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x