Kemenkes RI Akan Fokus Terhadap Enam Isu Kesehatan Ini di Tahun 2021

- 15 Agustus 2020, 22:19 WIB
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto /twitter.com/@KemenkesRI

Berita DIY - Kementerian Kesehatan pada tahun 2021 akan mendapatkan alokasi pagu indikatif sebesar 84 Triliun sebagaimana diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Terawan Agus Putranto merujuk pada Surat Bersama Menkeu No. S-692/MK/02/2020 dan Menteri PPN/Kepala Bappenas No. B.636/M.PPN/D.8/KU/.01.01/08/2020 tentang Pagu Anggaran K/L dan Penyelesaian RKS K/L Tahun Anggaran 2021.

Kementerian Kesehatan juga mendapatkan dana pagu indikatif juga mendapatkan anggaran untuk pos pemulihan ekonomi sebesar 25,40 Triliun untuk pengadaan vaksin Covid-19, imuniasasi, sarana dan prasarana, penelitian serta pembangunan kesehatan serta cadangan bantuan iuran BPJS untuk PBPU/BP.

Alokasi lainnya untuk Kementerian Kesehatan antara lain BLU, PLN, dan PNBP. BLU mengalokasikan dana ke Kemenkes sebesar 13,96 Triliun untuk keperluan peningkatan pelayanan rumah sakit dan Politeknik Kesehatan (Poltekkes). Alokasi PLN sebesar 450 Miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Vertikal di Indonesia Timur. Selanjutnya adalah dana PNBP sebesar 409 Miliar.

Baca Juga: Usai BTS, Tokopedia Hadirkan Secret Number di Tokopedia WIB TV Show Akhir Bulan Ini

Anggaran yang didapatkan akan diprioritaskan untuk menangani enam isu kesehatan yang akan terjadi di tahun 2021 yang kemudian disebut dengan Program Nasional. Enam isu kesehatan tersebut antara lain adalah:

1. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

2. Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)

3. Pencegahan stunting

Baca Juga: Mumtaz Rais Tak Terima Ditegur Awak Kabin Pesawat Garuda, Berakhir Adu Mulut Dengan Wakil Ketua KPK

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Kemenkes RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x