Resep Anti Gagal, Cuma Butuh 5 Bahan Buat Bikin 'Cloud Bread'

- 10 Agustus 2020, 19:02 WIB
Cloud Bread yang sedang ramai dikreasi ulang netizen
Cloud Bread yang sedang ramai dikreasi ulang netizen /Instagram.com/soflofooodie

BERITA DIY - Keterbatasan menumbuhkan kreativitas. Mungkin itu istilah yang cocok untuk menggambarkan masyarakat sekarang di era pandemi.

Sebab aktivitas di luar rumah sangat dibatasi maka apapun yang bisa dilakukan di rumah dikerjakan. Mulai dari berkebun, mencoba tanaman hidroponik, menjajal peruntungan lewat olshop, begitu juga mencoba resep resep baru dari level mudah sampai sulit.

Belakangan media sosial sedang ramai dengan unggahan 'Cloud Bread'. Dalam bahasa diartikan roti awan, 'Cloud Bread' ini awal mula viral di TikTok. Kemudian banyak netizen beramai-ramai mengkreasi ulang resep 'Cloud Bread' dan mengunggahnya ke TikTok, Twitter atau Instagram.

Baca Juga: Daftar Harga iPhone PS Store dan Harga iPhone Resmi di iBox Terbaru Agustus 2020

Banyak resep yang bisa dicoba untuk memberi hasil akhir roti awan terasa fluffy, lembut, dan pastinya enak dan menarik.

Berikut resep 'Cloud Bread' anti gagal yang bisa dicoba di rumah hanya dengan menggunakan lima bahan. Sebagaimana telah ditulis Bekasi.com dalam artikel "Ramai Dibuat Warganet Berikut Resep Roti Viral 'Cloud Bread'".

Bahan-bahan:

- 3 butir putih telur

- 1 sendok makan maizena

- 3 sendok makan gula pasir

- 1/4 sendok teh vanili bubuk

- Secukupnya pewarna biru atau selera

Step by step membuat 'Cloud Bread':

1. Siapkan wadah untuk bahan roti. Masukan putih telur mixer hingga sedikit berbusa dengan kecepatan sedang. Lalu tabur gula putih secara bertahap sambil terus di-mixer dengan kecepatan paling tinggi.

Penting dilakukan, jangan langsung sekaligus memasukkan semua gula pasir. Total lamanya mixer adalah 3 menit. Hasil mixer sampai menggembang seperti softpeak.

2. Lalu campur dengan maizena dan vanili masih tetap di-mixer dengan kecepatan paling rendah, sebentar saja sampai tercampur rata. Aduk perlahan dengan spatula sebentar saja untuk memastikan adonan benar-benar rata.

3. Kemudian ambil sedikit adonan untuk dicampur dengan pewarna makanan, bisa dipisah ke beberapa mangkok untuk tiap-tiap warna berbeda. Campurkan adonan dengan pewaran biru atau selera dan aduk rata dengan perlahan sampai warna tercampur dan warna keluar.

Baca Juga: Siapa Bilang Cewek-Cowok Nggak Bisa Sahabatan, Jawabannya: Hubungan Platonik!

4. Sediakan loyang, alasi dengan kertas roti. Lalu oles adonan di atas kertas roti hingga menumpuk ke atas. Tumpukan adonan disesuaikan dengan warna yang digunakan hingga hasilnya menyerupai awan.

Jangan lupa, haluskan bagian tepi adonan jika sudah terbentuk agar hasilnya nanti tetap terlihat menarik. Pada step ini adonan bisa diberi topping sesuai selera seperti chocochips, permen coklat, keju atau messes.

5. Kemudian panggang dengan oven dengan suhu 150 derajat celcius atas bawah. Set waktu selama 30 menit. Bisa juga sesuaikan dengan suhu oven masing-masing.

6. Setelah matang keluarkan dari oven. Jangan panik jika 'Cloud Bread' yang dipanggang jadi kempes, karena memang seharusnya terlihat mengkerut setelah matang.

Baca Juga: Awal Pekan, Harga Emas Turun Rp 1.000

7. Terakhir, langsung dinikmati selagi hangat tidak perlu menunggu roti sampai mendingin.*** (M Bayu Pratama/Pikiran Rakyat Bekasi)

Editor: Ina Nurhayati

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x