Mengenal Tahir, Anak Tukang Becak yang Kini Jadi Orang Terkaya di Indonesia

- 10 Agustus 2020, 12:34 WIB
Tahir (kiri) /Dok Tahir Foundation

BERITA DIY - Pelaut yang ulung tidak lahir dari lautan yang tenang, peribahasa tersebut sangat menggambarkan Dato Sri Tahir. Orang terkaya nomor 4 di Indonesia ini adalah seorang anak dari tukang becak.

Keluarganya tinggal di sepetak rumah kontrakan kecil di Surabaya. Dato harus berjuang sekuat tenaga untuk keluar dari kemiskinan. Cita-citanya menjadi seorang dokter pun harus ia kubur akibat ketidakmampuan orangtuanya membiayai sekolah kedokteran.

Pria kelahiran 26 Maret 1952 ini sudah belajar susah dari lahir. Ayahnya menyewakan becak ke orang lain sedangkan ibu Tahir bantu mengecat becaknya.

Baca Juga: Gunung Sinabung Meletus Lagi, Senin 10 Agustus 2020

Gaji ayah ibunya tak sepenuhnya mampu membiayai kehidupannya. Merasa termaginalkan, Tahir mengakui bahwa dirinya pernah beberapa kali minder. Tetapi ia tak pernah menyerah untuk berusaha mengubah nasib.

Tahir ingin mengubah nasibnya melalui pendidikan. Saat itu, Tahir memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter. Demi mencapai cita-citanya, Tahir giat belajar dan menjadi siswa berprestasi di SMA Kristen Petra Kalianyar Surabaya saat usianya 19 tahun.

Baca Juga: Artis Ini Pulang Kampung Naik Jet Pribadi Setelah Terkena Virus Corona

Tetapi setelah ia menamatkan SMA, ayahnya jatuh sakit. Boro-boro membiayai pendidikannya, membiayai kehidupan sehari-hari saja ayahnya tidak mampu. Pada saat inilah Tahir harus memutar otak dan mengambil keputusan. Tahir kemudian mengambil keputusan berat.

Demi kehidupan keluarganya, Tahir rela tidak melanjutkan pendidikan kuliahnya dan fokus untuk melanjutkan usaha sang ayah.

Halaman:

Editor: Erwin Prasetiyo

Sumber: Berita DIY


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X