Gunung Sinabung Meletus Lagi, Senin 10 Agustus 2020

- 10 Agustus 2020, 11:42 WIB
Gunung Sinabung Kembali Meletus Senin 10 Agustus 2020 pukul 10:16 WIB.
Gunung Sinabung Kembali Meletus Senin 10 Agustus 2020 pukul 10:16 WIB. /ANTARA/ Sastrawan Ginting.

BERITA DIY  - Dilansir dari ANTARA, Senin 10 Agustus 2020 pukul 10.16 WIB, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus. Gunung ini menyemburkan abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Berdasarkan hasil pengamatan Badan Geologi dan PVMBG, dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut.

Gunung Sinabung saat ini berstatus Siaga. Masyarakat dilarang melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga: Daftar Artis TikTok dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia, Segini yang Mereka Dapatkan

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta waspada terhadap bahaya banjir lahar panas maupun dingin. Warga juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat atau tebal agar tidak roboh.

Untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik, masyarakat dihimbau untuk memakai masker bila terjadi hujan abu.***

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x