Hari Hutan Indonesia Pertama Akan Dirayakan

- 7 Agustus 2020, 08:00 WIB
Festival Hari Hutan Indonesia
Festival Hari Hutan Indonesia /Tangkapan layar harihutan.id

BERITA DIY - Sejak tahun 2017 gerakan Hutan Itu Indonesia telah membuat petisi untuk menetapkan tanggal 7 Agustus sebagai Hari Hutan Indonesia melalui laman www.change.org. Petisi ini menjadi salah satu petisi terpopuler dan telah ditandatangi oleh hampir 1,5 juta orang.

Hari Hutan Indonesia adalah hari di mana semua orang merayakan hutan hujan tropis Indonesia beserta semua kekayaan yang terkandung di dalamnya. Sedangkan tanggal 7 Agustus dipilih karena pada tanggal tersebut Presiden Joko Widodo menandatangani Inpres Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyermpurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut. Tanggal ini dipilih karena berdekatan dengan Hari Masyarakat Adat Sedunia, Hari Konservasi Alam Nasional dan Hari Orangutan Sedunia.

Baca Juga: Kemarahan Warga Lebanon Membara, Terkuak Fakta Baru Ledakan Dahsyat di Beirut

Petisi ini telah diserahkan kepada pemerintah dalam kesempatan audiensi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya Bakar. Berangkat dari petisi ini diharapkan anak muda dan seluruh masyarakat dapat bergerak bersama untuk melakukan perubahan dalam melestarikan hutan kita.

Andre Christian dalam siaran pers tertulisnya mengatakan, “Perayaan Hari Hutan Indonesia tahun 2020 mengangkat semangat #HutanKitaJuara untuk mengingatkan kita semua bahwa Indonesia adalah bangsa juara. Salah satunya karena hutannya yang terluas ketiga di dunia".

Agar prestasi ini terus bertahan, perlu ada aksi bersama dari kita semua, sebagai warga negara yang baik, untuk melindungi hutan dan keanekaragaman hayatinya dengan mendukung upaya konservasi yang dilakukan masyarakat dalam menjaga hutan”.

Baca Juga: Tembus Harga Rp 25 Juta, Aglaonema Kembali Digemari

Berbagai cara dan kegiatan akan dilakukan dalam merayakan Hari Hutan Indonesia tahun ini, diantaranya Kampanye Adopsi Hutan yang dapat diakses melalui laman kitabisa.com.

Selain itu juga akan diadakan Live Streaming melalui channel Youtube Hari Hutan Indonesia mulai pukul 18.00-22.00 WIB. Acara ini dimeriahkan oleh Pongki Barata, Arief Brata, Nadien Alexandra, Nadya Laras, Ramon Y Tungka, Shae, Shena Malsiana serta Valerie &Veronika. ***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: harihutan.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x