Kepala BPIP Ajak ASN Bangun Ekosistem Lembaga Negara Sesuai Nilai Pancasila pada Diklat PPSDM Kemendagri

- 13 September 2022, 16:00 WIB
Kepala BPIP ajak ASN bangun ekosistem lembaga negara yang sesuai dengan nilai Pancasila pada Diklat PPSDM Kemendagri.
Kepala BPIP ajak ASN bangun ekosistem lembaga negara yang sesuai dengan nilai Pancasila pada Diklat PPSDM Kemendagri. /Dok. BPIP

BERITA DIY - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengajak para aparatur sipil negara (ASN) untuk membangun ekosistem lembaga negara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikan Yudian dalam pendidikan dan latihan (diklat) jabatan administrator dan pengawas yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya dan Manusia Kementerian Dalam Negeri atau PPSDM Kemendagri Regional Bandung, Senin, 12 September 2022.

Para ASN diharapkan mampu mengamalkan segara nilai-nilai yang terkandaung di dalam Pancasila, baik historis, sosial-politik, dan etik di segala aktivitasnya.

Prof. Yudian menekankan pentingnya kesadaran membangun ekosistem lembaga negara yang bersih, akuntabel, berintegritas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga: Kepala BPIP Ajak Mahasiswa Baru IAIN Kediri Tanamkan Karakter dan Nilai-nilai Pancasila

"Oleh karena itu beberapa hal yang penting untuk direfleksikan kembali adalah pandangan kita terhadap sejarah bangsa Indonesia, terutama proklamasi, ini fakta sejarah yang jarang dimengerti oleh orang bahwa proklamasi Republik Indonesia telah membebaskan dan mempersatukan kembali 57 negara/kerajaan hanya dengan waktu 59 detik", ujarnya.

Proklamasi tersebut memiliki nilai historis yang luas, salah satunya adalah para raja pada saat itu dengan sangat sadar menyerahkan segala konsekuensi konstitusionalnya kepada Negara Republik Indonesia.

Artinya, bahwa catatan sejarah membuktikan kepada kita semua jika konstitusi UUD 1945 dan Pancasila memiliki nilai pengikat yang tinggi sekaligus hukum tertinggi di negara ini yang wajib ditaati oleh semua warga negara.

Tidak berhenti disitu, tahun-tahun sebelum kemerdekaan, pergerakan anti kolonialisme kita juga dikobarkan para generasi muda yang saat itu digawangi oleh Soekarno, Hatta, Soepomo, Syahrir dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x