Daftar ke KPU Bersamaan, Koalisi Indonesia Bersatu Dinilai Usung Semangat Persatuan

- 5 Agustus 2022, 17:00 WIB
Langkah partai politik di Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB mendaftarkan diri secara bersamaan ke KPU usung semangat persatuan.
Langkah partai politik di Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB mendaftarkan diri secara bersamaan ke KPU usung semangat persatuan. /Twitter @airlangga_hrt

BERITA DIY - Sejumlah partai politik mulai mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilihan umum ke Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB berencana untuk secara kompak mendaftarkan ke KPU secara bersamaan.

Menurut Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo, langkah Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Amanat Nasional ini termasuk sikap mengusung semangat persatuan.

 

"Secara simbolik pesan persatuan itu mau disampaikan lewat kebersamaan KIB dalam mendaftar sebagai peserta pemilu," ujar Ari.

Ari juga mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan yang diusung KIB. Koalisi tiga partai itu diharapkan bisa konsisten untuk memperjuangkan politik kebangsaan sekaligus menolak politik identitas. Menurutnya, politik identitas kontraproduktif dengan persatuan nasional.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Diminta Teliti Sikapi Dinamika Internal Partai Golkar dan Koalisi Indonesia Bersatu

"Harapan publik, semoga KIB konsisten menjaga persatuan nasional dengan mengusung dan memperjuangkan politik kebangsaan dan politik gagasan, serta konsisten menolak politik identitas yang mengoyak persatuan dan membelah masyarakat lewat polarisasi masif," tambahnya.

KIB juga diharapkan mampu menerjemahkan semangat persatuan menjadi aksi dan tindakan yang konkret.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x