Tanggal 1 Juni 2022 Kenapa Libur, Tanggal Merah Hari Apa? Sisa Hari Libur Nasional Juni-Desember

- 30 Mei 2022, 17:21 WIB
Tanggal 1 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan merupakan hari libur nasional.
Tanggal 1 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan merupakan hari libur nasional. //Unsplash/Mufid Majnun/

BERITA DIY - Simak tanggal 1 Juni 2022 kenapa libur, tanggal merah hari apa dan daftar sisa hari libur nasional bulan Juni hingga Desember.

Hari libur selanjutnya jatuh pada Rabu, 1 Juni 2022 yang diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila dan merupakan tanggal merah.

Selain tanggal merah 1 Juni 2022, masih ada daftar hari libur nasional bulan Juni hingga Desember yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Baca Juga: Sejarah Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022 Apakah Hari Libur Nasional? Daftar Sisa Tanggal Merah 2022

Sebelum melihat daftar sisa tanggal merah sampai bulan Desember, ada baiknya mengetahui mengapa Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2022 dtetapkan sebagai hari libur Nasional.

Adapun sejarah Hari Lahir Pancasila berasal dari pidato yang dilakukan oleh Soekarno tepat pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang pertama BPUPKI.

Pada pidato tanpa naskah itu mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Baca Juga: Bulan Dzulqa'dah 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Keutamaan dan Jenis Ibadah di Bulan Dzulqaidah

Soekarno menyampaikan gagasan dasar negara Indonesia yang lalu dinamai "Pancasila", di mana "Panca" memiliki arti "Lima", dan "Sila" ialah "Asas" atau "Prinsip".

Lalu, gagasan tersebut diterima oleh anggota sidang BPUPKI yang kemudian hari digunakan sebagai landasan pembuatan Undang-Undang Dasar di mana berdasarkan kelima asas tersebut.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x