Pengamat Meminta Penunjukan Pejabat Kepala Daerah dari Unsur TNI/Polri Harus Dikoreksi

- 28 Mei 2022, 20:02 WIB
Puan Maharani. Pengamat Meminta Penunjukan Pejabat Kepala Daerah dari Unsur TNI/Polri Harus Dikoreksi
Puan Maharani. Pengamat Meminta Penunjukan Pejabat Kepala Daerah dari Unsur TNI/Polri Harus Dikoreksi /PRMN/HO/DPR RI

BERITA DIY - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah melakukan proses pemilihan pejabat kepala daerah  secara transparan dan terbuka bagi partisipasi publik.

Puan mengharapkan agar semua proses seleksi dilakukan dengan beretika dan terbebas dari kepentingan politik.

Baca Juga: Puan Maharani Ajak Forum Dunia Mulai Serius Lakukan Aksi Nyata Cegah Bencana di GPDRR 2022

“Siapkan sarana yang memadai apabila masyarakat hendak memberi masukan dan lakukan penyaringan secara terukur dan terbebas dari kepentingan politik,” katanya.

Hal senada disamlaikan peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai penunjukan TNI/Polri aktif sebagai penjabat (Pj) kepala daerah harus segera dihentikan.

Hal itu diungkapnya untuk menanggapi penunjukan Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin sebagai Pj Bupati Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

"Saya kira ini babak-babak awal. Kalau ini tidak segera dicegah, apa yang sedang terjadi dengan memberikan semacam peluang kepada TNI/Polri aktif untuk menduduki jabatan sipil. Saya kira ini babak yang di tahun 1998 lalu juga ditakutkan oleh publik ketika kemudian TNI/Polri menduduki jabatan sipil," ujarnya dalam diskusi daring bertajuk Pro Kontra Tentara Jadi Pj Kepala Daerah.

Lucius menegaskan pemerintah dan DPR harus segera memastikan jabatan sipil tidak disandang oleh anggota TNI/Polri aktif. Ia juga mengungkap potensi bahaya yang muncul jika anggota TNI/Polri aktif semakin bebas menduduki jabatan sipil.

"Saya kira penting untuk sejak awal mendesak, mendorong pemerintah dan DPR untuk memastikan tegaknya aturan terkait dengan jabatan sipil yang tidak boleh disandang TNI/Polri," tegasnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x