27 Mei 2022 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Peringatan HUT Kodam IX Udayana ke 65

- 27 Mei 2022, 06:57 WIB
27 Mei 2022 memperingati hari apa? Ini sejarah peringatan HUT Kodam IX Udayana ke 65.
27 Mei 2022 memperingati hari apa? Ini sejarah peringatan HUT Kodam IX Udayana ke 65. /Kodam-Udayana.mil.id

BERITA DIY - Tanggal 27 Mei 2022 memperingati hari apa? Ini sejarah peringatan HUT Kodam IX Udayana ke 65. Kodam IX Udayana merupakan singkatan dari Komando Daerah Militer IX Udayana.

Sejarah terbentuknya Kodam IX Udayana tidak terlepas dengan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Peristiwa ini dimulai dengan peristiwa menyerahnya Jepang terhadap sekutu dan Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan.

Pada masa ini Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, para pemuda yang bergabung dalam Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Laskar Rakyat termasuk di Nusa Tenggara khususnya di Bali mengambil senjata-senjata yang ada di tangan tentara Jepang.

Baca Juga: Tanggal 26 Mei Besok Libur Nasional Memperingati Hari Apa? Cek Infonya dan Sisa Tanggal Merah Tahun 2022

Pada tahun yang sama yaitu 1945 para pemuda TKR menurunkan bendera Belanda di pelabuhan Buleleng peristiwa ini dikenal dengan Insiden Bendera.

Peristiwa tersebut tidak bisa diterima begitu saja oleh Belanda sehingga terjadi pertempuran yang menyebabkan dibentuknya Resimen Sunda Kecil yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai.

Pertempuran yang terjadi di Nusa Tenggara atau Sunda Kecil ini dikenal dengan pertempuran Tanah Aron dan pertempuran Selong.

Baca Juga: Besok Tanggal Merah? 26 Mei 2022 Memperingati Hari Apa, Daftar Hari Libur Nasional 2022 Terdekat Tanggal Berap

Kemudian pertempuran tersebut benar-benar selesai setelah terjadinya Konferensi Meja Bundar di Den Haag pada 27 Desember 1949 di mana Belanda harus menarik pasukannya dari Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x