Ketua PR RI Minta Pemerintah Manfaatkan Anggaran PEN dengan Optimal agar Rakyat Semakin Sejahtera

- 25 Mei 2022, 11:30 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk memanfaatkan anggaran PEN denagn optimal demi kesejahteraan rakyat.
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk memanfaatkan anggaran PEN denagn optimal demi kesejahteraan rakyat. /Dok. DPR RI

BERTA DIY  - Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong pemerintah ntuk mengoptimalkan realiasi anggaran Percepatan Ekonomi Nasional atau PEN dengan baik agar rakyat semakin sejahtera.

Menurutnya, penyerapan anggaran PEN yang rendah dapat menghambat perekonomian nasional dan kurang mampu meringankan beban rakyat.

Puan menambahkan, anggaran tersebut bisa dioptimalkan dengan berbagai cara, seperti pemberian subsidi modal kerja, bantuan nakes, hingga perlindungan sosial bagi warga miskin.

“Kami mengingatkan Pemerintah untuk mengakselerasi penyerapan anggaran program PEN agar roda perekonomian tetap bergerak demi kesejahteraan rakyat,” kata Puan, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: MK Minta UU Omnibus Law Ciptaker Diperbaiki, Puan Maharani: DPR Tunggu Surpres Jokowi

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu mengatakan, DPR selalu mendukung program PEN yang dijalankan Pemerintah, salah satunya melalui fungsi penganggaran.

Untuk itu, Puan meminta kepada setiap Kementerian/Lembaga untuk merealisasikan program-program kerjanya sehingga dana PEN bisa segera terserap.

“Di tengah situasi ekonomi yang belum pulih, DPR RI meminta Pemerintah untuk terus fokus dalam merealisasikan program-program PEN yang berdampak langsung pada masyarakat,” ucapnya.

Puan menilai, penyerapan anggaran PEN Tahun 2022 yang baru mencapai 17,73% atau Rp 80,79 triliun dari pagu anggaran sebesar Rp 455,62 triliun per 13 Mei 2022 masih cukup rendah.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x