Megawati Dukung Negara-Negara BRICS Bentuk Bank Pembangunan

- 19 Mei 2022, 20:35 WIB
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri /

BERITA DIY  - Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputei mendukung negara-negara BRICS (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) untuk membentuk sebuah bank pembangunan atau New Development Bank.

Megawari juga menyinggung gagasan-gagasan Bung Karno pada acara yang ia hadiri secara telekonferens pada Kamis, 19 Mei 2022 malam.

Megawati sendiri didaulat sebagai salah satu tokoh yang diminta menyampaikan gagasannya dalam forum BRICS Political Parties, Think Tanks, and Civil Society Organization Forum di Beijing, Tiongkok.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Megawati Soekarnoputri Sampaikan Salam dari Jokowi

Menurutnya, kerja sama internasional yang dilakukan oleh Indonesia maupu  negara-nwgara di dunia haruslah menggunakan prinsip-prinsip saling menguntungkan dan berkeadilan.

Hal itulah yang juga disampaikan oleh Presiden Pertama Indonesia, Soekarno atau yang dikenal dengan nama Bung Karno, melalui Pidato di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) pada tanggal 30 September 1960 yang terkenal dengan judul “To Build the World A New”.

Melalui pidato tersebut, pentingnya tata dunia baru yang lebih berkeadilan, dengan mengusulkan Tiongkok sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB menjadi suatu hal penting yang disampaikan oleh Bung Karno, kata Megawati.

“Konsepsi Tata Dunia baru yang berkeadilan harus terus diperjuangkan. Dengan prinsip yang sama, kerja sama partai politik di Forum ini juga dapat difokuskan bagi upaya mewujudkan keadilan, melalui kerja sama ekonomi, kebudayaan, dan kerja sama untuk mereduksi berbagai kesenjangan sosial,” kata Megawati.

Baca Juga: Pengamat Nilai Pertemuan Jokowi dan Megawati Saat Lebaran untuk Samakan Persepsi Menuju 2024

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x