Sejarah Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei: Link Download Logo dan Tema Resmi Peringatan pada Tahun 2022

- 19 Mei 2022, 16:05 WIB
Ilustrasi - Berikut sejarah Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas 2022 lengkap dengan link download tema dan logo.
Ilustrasi - Berikut sejarah Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas 2022 lengkap dengan link download tema dan logo. /Pixabay.com/mufidpwt

BERITA DIY - Inilah sejarah lengkap Hari Kebangkitan Nasional beserta link untuk download logo dan tema peringatan pada tahun 2022 kali ini.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, bahwa pada tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas.

Ketetapan bahwa 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional ini memiliki sejarah yang panjang terkait dengan peristiwa sebelum masa kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Survei SMRC Kinerja Jokowi Selama Menjadi Presiden: Kepuasan Meningkat dari 65,5 Persen Jadi 76,7 Persen

Diperingatinya tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional ini sendiri ditujukan untuk mengenang pendirian organisasi Boedi Oetomo yang dilakukan yaitu pada tahun 1908.

Boedi Oetomo yang menjadi cikal bakal Hari Kebangkitan Nasional ini sendiri merupakan sebuah organisasi pertama yang muncul di Indonesia yang bergerak dalam bidang pendidikan.

Selain itu, Boedi Oetomo juga memiliki perhatian pada perjuangan bangsa Indonesia guna meraih cita cita terbebas dari penjajah dan juga mendapatkan kemerdekaan.

Baca Juga: Masyarakat Boleh Tak Pakai Masker: Poin Aturan, Pengecualian, Transisi ke Endemi?

Munculnya organisasi Boedi Oetomo yang dipelopori oleh Dr Soetomo ini menimbulkan kebangkitan semangat bagi segenap elemen bangsa Indonesia untuk mendirikan berbagai organisasi pergerakan.

Hingga kemudian berbagai organisasi baik politik maupun organisasi di berbagai bidang pun juga lahir di Indonesia setelah pada tahun 1908.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x