Penyebab Suhu Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini, Simak Penjelasan BMKG: Bukan Fenoma Gelombang Panas

- 11 Mei 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi - penyebab suhu panas yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, berikut penjelasan BMKG yang pastikan itu bukan fenomena gelombang panas.
Ilustrasi - penyebab suhu panas yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, berikut penjelasan BMKG yang pastikan itu bukan fenomena gelombang panas. /PEXELS/Tom Fisk

BERITA DIY - Berikut penyebab suhu panas yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini serta penjelasan dari BMKG.

Belakangan ini masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia mengeluhkan suhu panas yang tidak seperti biasanya.

Udara panas yang dirasakan tidak hanya terjadi pada siang hari, tetapi juga terjadi pada malam hari.

Baca Juga: Adakah Fenomena Gelombang Panas di Indonesia Menurut BMKG Hari Ini Jadi Alasan Cuaca Panas 1-7 Mei 2022?

Melalui akun Instagram resminya, BMKG memberikan pejelasan mengenai penyebab suhu panas yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode tanggal 01 – 07 Mei 2022 berkisar antara 33 - 36.1 °C dengan suhu maksimum tertinggi hingga 36.1 °C terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8°C di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38.8 °C di Temindung Samarinda pada tahun 2018.

Baca Juga: Penjelasan BMKG soal Cuaca Panas di Indonesia: Penyebab, Suhu Tertinggi, sampai Kapan dan Apa Gelombang Panas?

BMKG menjelaskan, fenomena suhu udara panas yang terjadi pada siang hari tersebut dipicu oleh beberapa hal sebagai berikut :

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x