Profil RA Kartini hingga 20 Link Twibbon Selamat Hari Kartini 21 April 2022, Cocok Dipasang di Sosmed

- 21 April 2022, 09:05 WIB
Ilustrasi - SImak profil RA Kartini dan 20 link download Twibbon ucapan selamat Hari Kartini 21 April 2022.
Ilustrasi - SImak profil RA Kartini dan 20 link download Twibbon ucapan selamat Hari Kartini 21 April 2022. /Tangkap layar twibbonize.com/Malvadhina Official

BERITA DIY - Simak profil RA Kartini hingga 20 link Twibbon selamat Hari Kartini yang jatuh hari ini, Kamis, 21 April 2022 dan bisa dipasang di sosmed IG, WA, IG, FB, dll.

Indonesia hari ini merayakan Hari Kartini yang memang dipeirngati setiap tanggal 21 April tak terkecuali tahun 2022. Ada banyak cara untuk memeriahkan, salah satunya download link Twibbon tema peringatan.

Namun masih ada yang ingin mengetahui siapa sosok atau profil RA Kartini, tokoh perjuangan wanita di Tanah Air. Atas perjuangannya Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Kartini tanggal 21 April yang juga merupakan hari kelahirannya.

Baca Juga: Sejarah Hari Kartini Tanggal 21 April 2022, Apakah Libur Nasional? Ini 21 Link Twibbon Peringatan

Raden Adjeng (RA) Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879 merupakan seorang tokoh perjuangan kesetaraan gender di zaman penjajahan Belanda.

Terlahir dari keluarga berdarah biru, RA Kartini sangat beruntung mendapatkan akses pendidikan yang tidak dimiliki oleh semua anak perempuan di masanya terutama dari kalangan Pribumi dengan status sosial rendah.

Ayah Kartini adalah Patih yang lalu diangkat menjadi Bupati Jepara bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Dia juga masih keturunan Hamengkubowono VI dan Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Apa Hari Kartini 21 April 2022 Hari Libur Nasional? Cek Daftar Tanggal Merah Bulan April hingga Desember 2022

Akses tersebut dimanfaatkan oleh Kartini untuk menimba ilmu di Europeesche Lagere School (ELS) hingga usia 12 tahun. Di sana Kartini menguasai bahasa Belanda.

Kartini remaja sudah hobi membaca dan menulis serta berbalas surat dengan teman-temannya di Belanda, salah satunya ialah Rosa Abendanon yang sangat mendukungnya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x