Kelompok Usaha Ini Sulap Daun Pandan Jadi Kerajinan, Pemberdayaan UMKM Binaan BRI Semakin Berkembang

- 27 Maret 2022, 12:15 WIB
Kelompok usaha Pandan Wangi binaan BRI skses menyulan daunpandan menjadi kerajinan dan membuka lapangan kerja bagi 70 perempuan Bali.
Kelompok usaha Pandan Wangi binaan BRI skses menyulan daunpandan menjadi kerajinan dan membuka lapangan kerja bagi 70 perempuan Bali. /PRMN/HO/BRI

BERITA DIY  Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kini semakin berkembang. Salah satunya usaha dari Bali yang dimotori oleh Ketua Kelompok Pandan Wangi, I Made Pasek.

Lewat kelompok usaha Pandan Wangi tersebut, ia mengumpulkan lebih ada 70 perempuan di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem untuk membuat kerajinan tangan atau yang lebih dikenal dengan produk handcraft.

Di tangan mereka, daun pandan diolah menjadi berbagai kerajinan, mulai dari anyaman tikar, tas berbagai ukuran, hingga tatakan alas meja.

Baca Juga: Borong 8 Penghargaan Kehumasan, BRI Jadi BUMN Terbaik Pada PR Indonesia Awards 2022

I Made Pasek mengungkapkan, awalnya usaha tersebut hanya fokus pada anyaman tikar. Namun, mulai tahun 1996 ia pun merambah ke produk lain, seperti tas dan peralatan home décor lainnya.

Kelompok usaha Pandan Wangi binaan BRI sukses menyulan daunpandan menjadi kerajinan dan membuka lapangan kerja bagi 70 perempuan Bali.
Kelompok usaha Pandan Wangi binaan BRI sukses menyulan daunpandan menjadi kerajinan dan membuka lapangan kerja bagi 70 perempuan Bali. PRMN/HO/BRI

Dalam pembuatannya, bahan baku yang diolah sampai menjadi produk jadi semuanya dilakukan dengan cara tradisional. Bahan baku pandan sendiri diperoleh dari pekarangan rumah.

“Kebetulan untuk bahan baku, diambil di masing-masing rumah. Setelah itu dikerjakan untuk menjadi sebuah produk kerajinan,” ungkapnya.

Baca Juga: Link Live Streaming Bali United vs Persebaya di Indosiar, Nonton Siaran Langsung Calon Juara BRI Liga 1

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x