Kronologi Bentrok di Pulau Haruku Maluku, Jumlah Korban hingga Apa Penyebabnya?

- 26 Januari 2022, 14:18 WIB
Dampak dari bentrok di Pulau Haruku Maluku, rumah terbakar dan ada korban jiwa.
Dampak dari bentrok di Pulau Haruku Maluku, rumah terbakar dan ada korban jiwa. //Kolase foto dari video Instagram @lambe_turah

BERITA DIY - Simak kronologi bentrok di Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, hingga informasi penyebab dan apakah ada korban jiwa dari peristiwa tersebut.

Kepolisian setempat langsung turun tangan akibat bentrok yang melibatkan kelompok masyarakat di Pulau Haruku, Provinsi Maluku sejak kemarin, Selasa, 25 Januari 2022.

Lebih lanjut kronologi bentrok di Pulau Haruku Maluku melibatkan dua desa yang bersitegang. Adapun penyebab dari peristiwa ini diawali oleh kesalahpahaman mengenai batas tanah.

Baca Juga: Penyebab dan Kronologi Kebakaran Diskotik Double O Sorong: 19 Orang Tewas, Berawal dari Bentrokan

Masyarakat yang ricuh berasal dari warga Desa Ori, Negeri Pelauw dan masyarakat dari Desa Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Akibatnya dilaporkan puluhan unit rumah terbakar. Sementara Kepolisian segera terjun untuk meredakan konflik warga di Pulau Haruku.

Kabid Humas Polda Maluku, Kompes Pol. M. Rum Ohiorat mengonfirmasi telah terjadi kerusuhan antara dua kelompok warga.

Baca Juga: Kronologi Konflik di Pulau Haruku Maluku, Apa Penyebab Terjadinya Bentrok? Serta Jumlah Korban Terkini

"Benar ada kesalahpahaman di sana (Ori dan Kariuw) dan sudah kita dorong pasukan ke sana untuk membantu pengamanan," kata Rum Ohoirat dalam keterangan resminya kepada PRMN di Ambon, Rabu, 26 Januari 2022.

Agar ketegangan tak berlanjut, Kepolisian meminta para warga yang terlibat konflik untuk menahan diri dan tak mudah tersulut emosi oleh isu yang belum tentu benar.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x