Makna Nama 'Nusantara' pada Ibu Kota Baru Indonesia, Serta Alasan Pemerintah Memilih Pakai Istilah Itu

- 18 Januari 2022, 12:00 WIB
Kenali makna istilah arti Nusantara nama Ibu Kota baru Indonesia dan alasan pemerintah.
Kenali makna istilah arti Nusantara nama Ibu Kota baru Indonesia dan alasan pemerintah. /Dok. Kementerian PUPR

BERITA DIY - Kenali makna nama Nusantara yang digunakan dalam Ibu Kota baru Indonesia, beserta alasan dari pemerintah menggunakan istilah tersebut.

Istilah atau kata Nusantara belakangan kembali menjadi perbincangan publik khususnya bagi masyarakat Indonesia yangmencari berbagai makna yang terkandung di balik istilah yang muncul tersebut.

Kemunculan kata atau istilah Nusantara sendiri kembali menghiasi pembahasan setelah kata itu digunakan sebagai nama Ibu Kota baru Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Harga Emas dan Perhiasan Semar Nusantara Hari Ini, Selasa, 18 Januari 2022: Ada Series Harry Potter!

Pemilihan istilah Nusantara ini sendiri dipastikan akan digunakan dalam nama Ibu Kota baru yang akan segera dimiliki oleh Indonesia, kemunculan nama ini kemudian diketahui merupakan usulan dari Presiden Joko Widodo.

Hadirnya istilan Nusantara untuk menamai Ibu Kota baru Indonesia bukanlah tanpa sebab, pasalnya pemerintah sendiri telah memiliki beberapa alasan yang digunakan hingga akhirnya muncul nama itu.

Tak hanya itu makna mendalam yang terdapat di dalam kata Nusantara sendiri juga disinyalir menjadi salah satu tolak ukur bagi pemerintah hingga kemudian menggunakannya sebagai nama Ibu Kota baru Indonesia.

Baca Juga: Terungkap! Dari 80 Nama, Ini Alasan Jokowi Pilih Nama Nusantara untuk Ibu Kota Baru Indonesia di Kaltim

Diketahui berdasarkan sejarah bangsa Indonesia, nama Nusantara sendiri memang telah dikenal beberapa abad yang lalu, pada saat masih berada dalam zaman berbagai kerajaan yang ada.

Jika dilihat dari segi bahasa makana dari Nusantara sendiri gabungan dari 2 kata yaitu 'Nusa' yang memiliki arti pulau dan 'Antara' artinya luar. Sehingga dapat diketahui bahwa Nusantara mengandung makna kumpulan pulau yang ada di suatu wilayah.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x