Mentri BUMN Erick Thohir Laporkan Garuda Indonesia ke Kejaksaan Agung, Ini Alasan dan Terkait Kasus Apa?

- 11 Januari 2022, 18:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Jaksa Agung Sinitiar Burhanuddin (kiri) dalam konfersi pers usai serah terima laporan terkait kasus Garuda Indonesia di Kejagung.
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Jaksa Agung Sinitiar Burhanuddin (kiri) dalam konfersi pers usai serah terima laporan terkait kasus Garuda Indonesia di Kejagung. /ANTARA/Sugiharto Purnama

BERITA DIY - Ketahui alasan Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan Garuda Indonesia ke Kejagung (Kejaksaan Agung) dan terkait kasus apa.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi melaporkan maskapai plat merah Garuda Indonesia kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) hari ini, Selasa 11 Januari 2022.

Laporan dilayangkan Erick Thohir terkait dugaan kasus maling uang rakyat (korupsi) dan kondisi keuangan maskapai Garuda Indonesia.

Baca Juga: Setelah Ditegur Erick Thohir, Kini Viral Toilet SPBU Gratis? Ini Ciri dan Contoh Fasilitas Umum

Dalam laporannya kepada Kejagung, Erick Thohir menyoroti adanya dugaan maling uang rakyat (korupsi) terkait pembelian pesawat ATR 72 seri 600.

Di hadapan awak media dan petinggi Kejangung, Erick Thohir pun mnegatakan bahwa pihaknya tidak sekedar menuduh namun juga telah melampirkan bukti kuat.

"Kami berikan bukti-bukti audit investigasi, jadi bukan tuduhan. Kami bertindak berdasarkan bukti yang ada," kata Erick Thohir dikutip dari ANTARA, Selasa 11 Januari 2022.

Baca Juga: Profil Pelita Air Service, Maskapai Pesawat Terbang yang Disebut Akan Gantikan Garuda Indonesia

Erick Thohir menyampaikan bahwa laporan yang dilayangkan Kementerian BUMN berkaitan dengan upaya pemerintah melakukan restrukturisasi untuk menyelamatkan Garuda Indonesia.

Seperti diketahui, dalam kurun waktu dua tahun terakhir maskapai plat merah Garuda Indonesia dilanda krisis keuangan dan terlilit hutang lebih dari Rp140 triliun.

Pemerintah melalui Kemenetrian BUMN pun berupaya menyelamatkan Garuda Indonesia dengan cara melakukan restrukturisasi dan fokus melakukan transformasi untuk perbaikan direksi dan manajemen.

Baca Juga: Profil Timur Sukirno yang Diangkat Jadi Komisaris Utama Dalam RUPS Garuda Indonesia

"Ini (restrukturisasi Garuda Indonesia) bukan sekedar penangkapan atau menghukum oknum yang ada, tetapi perbaikan administasri secara menyeluruh," kata Erick Thohir.

Erick Thohir pun berharap setelah dilakukan restrukturisasi Garuda Indonesia akan menjadi maskapai penerbangan yang lebih akuntabel, profesional dan transparan.

Sementara itu, Jaksa Agung Sinitiar Burhanuddin menyatakan mendukung upaya Erick Thohir yang ingin Garuda Indonesia bersih dari indikasi hukum.

Baca Juga: Profil Sharon Florencia, Wanita Muda Bekasi yang Gantikan Erick Thohir jadi Menteri BUMN dalam Sehari

"Kami (Kejagung dan Kementrian BUMN) melakukan sinkronisasi data dan diharapkan juga tidak hanya untuk kasus Garuda Indinesia, tapi juga kami dorong kasus lain di BUMN," katanya.

Demikian informasi apa alasan Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan Garuda Indonesia ke Kejagung dan terkait kasus apa.***

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x