7 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Wayang Nasional Beserta 10 Link Twibbon

- 6 November 2021, 16:49 WIB
Simak sejarah Hari Wayang Nasional ke-3 yang jatuh pada tanggal 7 November 2021.
Simak sejarah Hari Wayang Nasional ke-3 yang jatuh pada tanggal 7 November 2021. /Dok/jendela.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Wayang Nasional dan Dunia yang jatuh pada hari Minggu, 7 November 2021 beserta 10 link Twibbon peringatan yang bisa dipasang di berbagai platform media sosial.

Setiap hari ada momen peringatan, tak terkecuali tanggal 7 November 2021 yang menjadi sejarah Hari Wayang Nasional dan Dunia. Seperti diketahui bahwa wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.

Adapun sejarah Hari Wayang Nasional dan Dunia berawal dari peninggalan bangsa tersebut menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga: 5 November 2021 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari CInta Puspa dan Satwa Nasional dan Link Twibbon

Wayang sendiri merupakan produk budaya yang mengandung nilai-nilai kehidupan, seperti pelajaran, fatwah, dan simbol-simbol yang menjadi nilai hidup dan moral bangsa Indonesia, utamanya bagi masyarakat Jawa.

Tak hanya sampai di situ, wayang pernah dikukuhkan sebagai Daftar Representasi Budaya Takbenda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 7 November 2013.

Pengakuan internasional tersebut memberikan arti tersendiri kepada bangsa Indonesia untuk meningkatkan citra positif dan martabat bangsa serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap wayang.

Baca Juga: Tanggal 2 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Arwah dan Tradisi Peringatan

Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional sebagaimana disahkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional.

Kepres tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Desember 2018. Dengan demikian, Hari Wayang Nasional dimulai pada 7 November 2019.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x