Persaingan Marketplace Kian Memanas, Ini Juara E-Commerce 2021 di Indonesia!

- 1 November 2021, 08:04 WIB
Persaingan marketplace semakin panas, siapa juara e-commerce terbaik di Indonesia versi SnapCart? Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada?
Persaingan marketplace semakin panas, siapa juara e-commerce terbaik di Indonesia versi SnapCart? Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada? /

BERITA DIY - Industri e-commerce di Indonesia senantiasa berubah dan berkembang pesat seiring dengan berjalannya tahun. Mendekati akhir 2021, persaingan pun semakin memanas antara 5 nama besar e-commerce di tanah air, yakni Tokopedia dan Shopee -- dua e-commerce yang paling sengit persaingannya, juga Lazada, Bukalapak, Blibli, dan JD.ID.

Namun, di antara lima e-commerce tadi, siapa yang berhasil menjadi e-commerce no. 1 Indonesia di tahun 2021 ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, SnapCart melakukan riset dengan metode online survey yang dilakukan sejak bulan September 2021. Survei yang diselenggarakan oleh SnapCart ini diikuti oleh 1000 responden dari berbagai jenis kelamin, golongan usia, pendapatan, dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

Baca Juga: Makin Panas! Siapakah yang Lebih Unggul di Antara Tokopedia dan Shopee?

SnapCart sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan cashback bagi pengguna dengan cara mengunggah struk belanja. Namun, tak hanya memberikan cashback bagi konsumen, SnapCart juga memantau real time analytics mengenai perilaku belanja konsumen.

Dari hasil riset SnapCart tersebut, ditemukan bahwa Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak diingat dan paling banyak digunakan kebanyakan orang.

Sebanyak 75% responden menjawab bahwa Shopee merupakan aplikasi atau situs belanja online yang menjadi Top of Mind, disusul oleh Tokopedia dengan persentase 18%, dan Lazada dengan persentase 5%.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Cukup Lakukan Perawatan di Rumah, Kenali juga Faktor Penyebab Jerawat

Selanjutnya, dari total responden, sebanyak 87% responden menjawab bahwa Shopee adalah platform e-commerce yang mereka gunakan dalam 3 bulan terakhir, menjadikan Shopee sebagai e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak dalam periode waktu tersebut. Sementara itu, 46% responden menggunakan Tokopedia dan 20% responden lainnya menggunakan Lazada.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x