Sejarah dan Tema Peringatan Hari Pos Sedunia, 9 Oktober 2021 dan Pentingnya Pos dalam Sektor Sosial Ekonomi

- 9 Oktober 2021, 09:23 WIB
Foto kotak pos untuk berkirim surat dan paket, ilustrasi peringatan Hari Pos Sedunia yang diperingati pada 9 Oktober 2021.
Foto kotak pos untuk berkirim surat dan paket, ilustrasi peringatan Hari Pos Sedunia yang diperingati pada 9 Oktober 2021. /Pixabay/geric10

BERITA DIY - Peringatan Hari Pos Sedunia atau World Post Day jatuh setiap tanggal 9 Oktober 2021. Hari Pos Sedunia ditetapkan berdasarkan tanggal berdirinya Universitas Postal Union pada tahun 1874 di Kota Bern, Swiss.

Kongres Universitas Postal Union (UPU) yang diadakan di Tokyo, Jepang pada 1969 kemudian menghasilkan kesepakatan untuk memperingati Hari Pos Sedunia pada tanggal 9 Oktober tiap tahunnya.

Peringatan Hari Pos Sedunia ditujukan untuk memperingati peran Kantor Pos yang berkomitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya memainkan perannya dalam menyediakan infrastruktur atau jasa untuk pembangunan.

Baca Juga: Sejarah dan Tradisi Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, 22 September 2021 di Berbagai Negara

Peran Kantor Pos ini sejalan dengan semangat yang diusung oleh negara-negara di seluruh dunia yang menjadi anggota PBB pada tahun 2015.

Semangat yang dimaksutkan adalah semangat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, mengakhiri kemiskinan dan kelaparan ekstrem, memerangi ketidaksetaraan dan ketidakadilan, dan mengambil tindakan untuk membalikkan perubahan iklim.

Sejarah Hari Pos Sedunia tersebut menjadi awal mula kesadaran anggota dunia mengenai peran penting yang dijalankan oleh Pos untuk melayani masyarakat.

Tujuan diperingatinya Hari Pos Sedunia adalah untuk menciptakan kesadaran akan peran sektor Pos dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan bisnis, serta kontribusinya terhadap pembangunan sosial dan ekonomi negara.

Baca Juga: Sejarah dan Makna Peringatan Hari Hewan Sedunia, 4 Oktober 2021: Dorongan Perlindungan Hewan Secara Global

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x