1 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Kesaktian Pancasila dan 10 Link Twibbon Peringatan

- 30 September 2021, 18:40 WIB
Hari Kesaktian Pancasila diperingati tanggal 1 Oktober 2021 tahun ini. Simak sejarah dan 10 link Twibbon gratis.
Hari Kesaktian Pancasila diperingati tanggal 1 Oktober 2021 tahun ini. Simak sejarah dan 10 link Twibbon gratis. /Twibbonize/agan pela

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati tanggal 1 Oktober 2021. Tersemat pula 10 link Twibbon peringatan yang bisa dipasang di media sosial.

Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober. Perlu diketahui bahwa Hari Lahir Pancasila 1 Juni berbeda dengan Hari Kesaktian Pancasila. 

Adapun Hari Kesaktian Pancasila masih berkaitan dengan tragedi berdarah satu hari sebelumnya, yaitu G30S PKI tanggal 30 September 1965.

Baca Juga: Jadwal Tayang dan Link Live Streaming Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI: Nonton di TVOne dan MNC TV

Ketika itu, PKI menculik dan membunuh enam jenderal dan satu perwira TNI. Hal itu lantaran dugaan PKI bahwa militer akan melakukan kudeta terhadap Presiden Soekarno.

Akibat dari sejarah kelam itu, nama-nama yang meninggal dunia diabadikan sebagai Pahlawan Nasional untuk mengingat jasa-jasanya terhadap Tanah Air.

Tidak hanya di Ibukota, PKI juga menghabisi nyawa di kota lainnya, yaitu Yogyakarta. Berikut ini nama-nama yang menjadi korban G30S PKI.

 Baca Juga: Sejarah Hari Peringatan Pemberontakan G30S PKI, 30 September 2021: Mengenang Korban Tragedi 7 Perwira TNI

- 7 pahlawan revolusi di Jakarta: Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan, Birgjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, Lettu Pierre Andreas Tendean.

- 2 pahlawan revolusi di Yogyakarta: Kolonel Katamso Darmokusumo dan Letkol Sugijono.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x