24 September Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Tani Nasional, Serta Tema Resmi Peringatan Tahun 2021

- 23 September 2021, 18:50 WIB
Tema dan sejarah Hari Tanah Nasional yang diperingati 24 September 2021.
Tema dan sejarah Hari Tanah Nasional yang diperingati 24 September 2021. /ANTARA/Irwansyah Putra

BERITA DIY - Ketahui 24 September 2021 esok hari memperingati hari apakah? Serta lengkap dengan sejarah peringatan Hari Tani Nasional dengan tema yang telah resmi ditetapkan.

Hari Tani Nasional akan diperingati pada esok hari 24 September 2021. Peringatan hari tersebut memiliki semangat dan sejarah panjang dalam bidang agraria bagi para petani di seluruh Indonesia.

Peringatan Hari Tani Nasional sendiri bukanlah suatu peringatan hari yang hadir secara serta merta, namun hal ini hadir berdasar pada sejarah panjang yang telah dilakukan oleh kaum petani di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah dan Tradisi Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, 22 September 2021 di Berbagai Negara

Hadirnya Hari Tani Nasional ini tak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah pada masa Presiden Soekarno. Pasalnya peringatan hari tersebut sangat berkaitan dengan disahkannya Undang Undang Pokok Agraria (UU PA) No.5 Tahun 1960.

Sedangkan penetapan resmi Hari Tani Nasional sendiri dilakukan beberapa tahun setelah Undang Undang tersebut resmi disahkan oleh pemerintahan pada masa Presiden Soekarno.

Ketetapan hadirnya Hari Tani Nasional sendiri secara resmi telah ditetapkan dengan diterbitkannya Keputusan Presiden atau KepPres Nomor 169 Tahun 1963 yang bertujuan sebagai pengingat diterbitkannya Undang Undang tersebut.

Baca Juga: Sejarah Hari Perhubungan Nasional Diperingati Pada 17 September, Ini Tema Peringatan Harhubnas 2021

Sebab hadirnya Undang Undang Pokok Agraria ini merupakan hasil dari perjuangan panjang yang dilakukan oleh sejumlah pihak baik dari petani hingga pemerintah yang memiliki tugas untuk merumuskannya.

Hal ini dilakukan sebagai implementasi dari semangat agraria yang mengedepankan pemanfaatan tanah untuk masyarakat maupun rakyat Indonesia, sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x