22 September 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia

- 21 September 2021, 20:40 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah hari bebas kendaraan bermotor sedunia yang jatuh Rabu, 22 September 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah hari bebas kendaraan bermotor sedunia yang jatuh Rabu, 22 September 2021. /PIXABAY/mufidpwt

BERITA DIY - Simak sejarah hari bebas kendaraan bermotor sedunia yang jatuh hari ini, Rabu, 22 September 2021. Dalam Bahasa Inggris, perayaan ini disebut sebagai World's Car Free Day.

Masyarakat seluruh dunia memperingati tanggal 22 September 2021 sebagai hari bebas kendaraan bermotor. Lantas, bagaimana sejarah di baliknya? Simak penjelasannya di artikel ini.

Setiap tanggal 22 September, masyarakat di seluruh dunia diharapkan untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor setidaknya selama satu hari.

Baca Juga: 16 September Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah, Tema, dan Link Twibbon Hari Ozon Sedunia

Pada era modern ini, manusia memang tak bisa lepas dari kegiatan mobilisasi yang cepat dan berjarak jauh. Tentunya, orang perlu menggunakan kendaraan bermotor.

Adapun kendaraan bermotor di sini adalah moda transportasi yang mengeluarkan polusi dan berbahaya terhadap lingkungan, baik itu sepeda motor, mobil, kapal laut, pesawat terbang, dan sebagainya.

Dilansir dari National Day Calendar, tujuan dari hari bebas kendaraan bermotor ini adalah mengajak manusia untuk tidak ketergantungan terhadap kendaraan.

Baca Juga: 15 September 2021 Diperingati Hari Apa? Simak Sejarah dan Tema Hari Demokrasi Internasional

Orang masih memiliki alternatif berjalan kaki atau bersepeda sebagai gantinya. Namun, jika terpaksa melakukan perjalanan jarak jauh, maka moda transportasi umum bisa menjadi pilihan utama.

Peringatan 22 September itu tidak terjadi secara instan. Awal mula atau sejarah dimulai ketika banyak orang yang menyadari bahwa kendaraan bermotor berdampak buruk pada lingkungan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: National Day Calendar


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X