Sejarah Hari Anak Nasional, Beserta Logo dan Tema HAN 2021

- 21 Juli 2021, 09:45 WIB
Logo Hari Anak Nasional 2021 yang memiliki tema Anak Terlindungi Indonesia Maju.
Logo Hari Anak Nasional 2021 yang memiliki tema Anak Terlindungi Indonesia Maju. /Tangkap layar dok.Kementerian PPPA

BERITA DIY - Hari Anak Nasional (HAN) diperingatan setiap tanggal 23 Juli. Pada peringatan HAN 2021 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan beberapa logo resmi yang telah bisa diunduh.

Setiap peringatan hari besar pasti ada latar belakangnya, tak terkecuali Hari Anak Nasional yang memiliki sejarah tersendiri dan cukup panjang sejak Orde Lama di bawah pemerintahan Presiden Soekarno. 

Sempat terjadi kemelut dalam perjalanan penetapan Hari Anak Nasional, hingga akhirnya era Orde Baru di bawah kepemimpinan Predisen Soeharto, HAN ditetapkan setiap tanggal 23 Juli.

Baca Juga: Link Download Logo Resmi dan Penjelasan Tema Peringatan Hari Anak Nasional 2021

Berikut sejarah singkat Hari Anak Nasional beserta arti logo dan penjelasan tema HAN tahun 2021.

Sejarah Hari Anak Nasional

Sejarah Hari Anak Nasional dicetuskan oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani) tahun 1952, ketika sidang pada saat itu melahirkan beberapa poin. Salah satu kesepakatan yang diambil adalah penetapan Pekan Kanak-Kanak Nasional.

Setahun kemudian, Pekan Kanak-Kanak Nasional diperingati pada tahun 1952. Adapun agenda utama saat itu, Presiden Soekarno menyaksikan pawai anak-anak di Istana Merdeka. Setelah sukses pada pagelaran pertama, Pekan Kanak-Kanak Nasional dibicarakan pada tahap yang lebih serius.

Baca Juga: Link dan Cara Pasang Twibbon Hari Anak Nasional atau HAN 2021

Pekan Kanak-Kanak Nasional lalu digagas untuk diperingati setiap pekan kedua bulan Juli yang bertepatan dengan liburan kenaikan kelas di sekolah. Meski awalnya diterima, namun gagasan demikian dinilai tak memiliki acuan pada tanggal atau momen tertentu.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x