Holding Ultra Mikro BRI, Pegadaian, dan PNM Dinilai Mampu Buat UMKM Indonesia Lebih Powerful

- 19 Juni 2021, 11:57 WIB
Usaha Mikro Tanah Air diharapkan mampu berkembang usai dibentuknya Holding Ultra Mikro BUMN BRI, PNM, dan Pegadaian.
Usaha Mikro Tanah Air diharapkan mampu berkembang usai dibentuknya Holding Ultra Mikro BUMN BRI, PNM, dan Pegadaian. /Unsplash/Falaq Lazuardi

 

BERITA DIY - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk mengintregasikan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Integrasi tiga usaha yang melayani sektor usaha mikro masyarakat itu akan menjadi sebuah Holding Ultra Mikro di bawah naungan BUMN.

Pembentukan holding Ultra Mikro ini dinilai tepat untuk membangun kembali pondasi ekonomi nasional di masa yang akan datang.

Baca Juga: BRI Jadi Perusahaan Induk Holding BUMN Sektor UMi-UMKM, Siap Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Selain itu, holding tiga entitas BUMN ini juga diharapkan mampu menata kembala usaha wong cilik dan memberikan dampak positif sebesar-besarnya untuk kemakmuran pelaku usaha mikro di tanah air.

Hal tersebut disampaikan Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi. Menurut Faisal, begitu dalamnya dampak yang dirasakan oleh pelaku mikro Tanah Air pada masa pandemi Covid-19 lantaran kurangnya integrasi.

Menurut Faisal, pembentukan holding dapat menjadi sarana bagi pemerintah untuk kembali menata ekosistem pembiayaan dan pemberdayaan usaha mikro ke depannya.

"Pemerintah tentu ingin holding ini lebih spesifik dalam menjangkau banyak pelaku usaha di daerah-daerah terluar dan membangun integrasi yang lebih baik. Cara ini tentu sangat baik terutama di masa post-pandemi. Ini untuk membangun pondasi ekonomi di masa depan," katanya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x