Kisah Zetria, Pengusaha Kerupuk Kulit di Padang yang Beromzet Rp200 Juta per Bulan Berkat BRI

- 14 Juni 2021, 18:01 WIB
Berkat BEI, Usaha Kerupuk Kulit Zetria Beromzet Rp200 juta per bulan.
Berkat BEI, Usaha Kerupuk Kulit Zetria Beromzet Rp200 juta per bulan. /Dok. BRI

BERITA DIY – Bisnis kerupuk kulit dan kerupuk Balado khas Minang mengantarkan Zetria, perempuan asal Padang, Sumatera Barat menjadi wirausaha mikro sukses.

Berani berubah dan berinovasi menjadi kunci meraih keberhasilan dalam merintis usaha kerupuk kulit yang kini beromzet Rp200 juta per bulan.

Kisah Zetria memulai usaha bermula pada 2007, ketika dia memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai karyawan swasta dan menyusul sang suami tinggal di Padang.

Baca Juga: Daftar BPUM BRI BNI Online Tahap 2 Atau 3 Masih Dibuka, Ini Cara Cek Penerima 2021 Bukan di eform.bri.co.id

Tak disangka, keputusan perempuan yang berusia 40 tahun ini justru bisa mengubah nasibnya menjadi pengusaha sukses kerupuk kulit.

Dia menuturkan modal awal usahanya saat itu hanya Rp50 ribu dan digunakan untuk membeli 15 kilogram kulit sapi sebagai bahan baku selama sepekan. Secara perlahan produksi kerupuk kulit besutan Zetria semakin meningkat dan berkembang hingga 70 kilogram per hari.

Melihat peluang usaha yang prospektif, Zetria memberanikan diri untuk mulai meminjam modal usaha ke BRI. Pada 2008, dia meraih pinjaman sebesar Rp30 juta dari BRI.

Baca Juga: Daftar BPUM BRI BNI Online Tahap 2 Atau 3 Masih Dibuka, Ini Cara Cek Penerima 2021 Bukan di eform.bri.co.id

“Saya pinjam pertama kali Rp30 juta karena membutuhkan modal untuk membeli mobil biar memudahkan transportasi. Alhamdullilah saya sangat terbantu dengan pinjaman modal dari BRI,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x