Waspada! Luhut Umumkan 9 Daerah yang Berstatus Rawan Gempa di 2021

- 4 Maret 2021, 15:33 WIB
Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. /Instagram.com/@luhut.pandjaitan/

BERITA DIY - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan ada sembilan daerah yang rawan terkena gempa pada tahun ini.

Ia mengatakan itu dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

Kesembilan daerah itu meliputi Mentawai, Bengkulu-Lampung, Selat Sunda-Banten, Selatan Bali, Sulawesi Utara-Laut Maluku, Aceh, Sorong, Matano, hingga Lembang.

Baca Juga: Jadwal MPL Season 7 Minggu Kedua: Ada Alter Ego, RRQ Hoshi, hingga EVOS Legends

Prediksi tersebut didapat dari analisa data potensi zona aktif, seismic gap, dan hubungan frekuensi gempa dengan magnitudonya.

Luhut menjelaskan, ancaman gempa tersebut tidak akan mudah ditebak karena gempa selalu datang tiba-tiba. Ia hanya menyerukan agar masyarakat waspada.

"Ini kapan terjadi? Kita tidak tahu, tapi akan terjadi. Bisa saja 10, 20, 30 atau 50 tahun lagi akan terjadi tapi kapan saja itu bisa terjadi," kata Luhut seperti dikutip ANTARA.

Dengan analisa tersebut, Luhut menyerukan kepada para pimpinan daerah untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengoptimalkan sistem mitigasi bencana.

Baca Juga: Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep Kaget Bukan Main saat Disebut Mau Beli Persis Solo

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x