Sesar Lembang Berpotensi Menimbulkan Gempa hingga 6,9 Mw jika 3 Segmen Bergerak, Ini Tanggapan BMKG

- 26 Januari 2021, 12:09 WIB
Gunung Batu yang berada di Desa Langensari, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, merupakan titik bertemunya Sesar Lembang dari segmen barat dan segmen timur yang berpotensi menimbulkan gempa kisaran 7 magnitudo.
Gunung Batu yang berada di Desa Langensari, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, merupakan titik bertemunya Sesar Lembang dari segmen barat dan segmen timur yang berpotensi menimbulkan gempa kisaran 7 magnitudo. /Raden Bagja/Mudanesia.Pikiran-Rakyat.com

BERITA DIY - Sesar Lembang merupakan salah satu sesar aktif di Indonesia yang berada di wilayah Bandung, Jawa Barat dan memiliki potensi gempa. 

Beberapa hari ini Sesar lembang kembali menjadi perbincangan lantaran banyaknya gempa yang terjadi di Indonesia dan membuat sebagian masyarakat yang tinggal di wilayah ini waspada.

Menanggapi hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung memberikan sejumlah tanggapan terkait kegempaan Sesar Lembang.

 

Baca Juga: Info Terbaru BLT Subsidi Gaji BPJS Termin 3 dan Cara Cek Penerima BSU yang Cair Januari 2021

Baca Juga: Geger! Bansos BPNT Ayam Hidup di Pagelaran Cianjur, Ada Ayam yang Mati

Dikutip dari akun resmi @bmkgbandung, 25 Januari 2021, BMKG menjelaskan bahwa Sesar Lembang merupakan sesar aktif dengan panjang sekitar 25-29 km yang terbagi menjadi 3 segmen.

Berdasarkan kajian paleoseismik sesar Lembang mengalami pelepasan energi (gempabumi) tahun 1600.

Jika 3 segmen Sesar Lembang bergerak bersamaan akan menimbulkan gempabumi dengan kekuatan maksimum sekitar 6.8-6.9 Mw.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x