Profil Kapolri Baru Komjen Listyo Sigit Prabowo, Eks Kapolres Solo saat Jokowi Jabat Wali Kota

- 20 Januari 2021, 21:31 WIB
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta/foc.
Kabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang memasuki masa pensiun. ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta/foc. /GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Komisi III DPR RI merestui Komjen Listyo Sigit Prabowo ditunjuk menjadi Kapolri baru. Hal itu diputuskan usai pendapat fraksi pada hari ini.

Sebelum pengambilan keputusan, Komjen Listyo Sigit sebelumnya menjalankan uji kelayakan yang digelar pada hari yang sama.

Berikut profil Komjen Listyo Sigit yang dirangkum Berita DIY:

Baca Juga: Fadli Zon Dukung Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Baru: Bisa Hadapi Jaringan Narkoba

Komjen Listyo Sigit lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Dia adalah perwira jebolan Akademi Kepolisian tahun 1991.

Pada 2011, Listyo Sigit menjabat sebagai Kapolres Solo. Di masa kepemimpinannya, Sigit pernah menangani kasus bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Saat menjadi Kapolres Solo, Jokowi saat itu adalah Wali Kota Solo.

Setahun kemudian, Sigit ditarik ke Bareskrim menjadi Kasubdit II Dittipidum. Pada 2013, Sigit dipromosikan menjadi Dirreskrimum Polda Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Syarat Daftar Bantuan UMKM 2021, Cek Link Eform BRI BPUM Terbaru untuk Tahu Nama Dapat Bansos

Saat Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI pada 2014, Sigit ditarik ke Jakarta dan ditunjuk menjadi ajudan Presiden. Dia bertugas sebagai Ajudan Presiden Jokowi mulai Oktober 2014 hingga Oktober 2016.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x