Profil Benny Wenda yang Deklarasikan Diri Jadi Presiden Papua Barat Sementara

- 2 Desember 2020, 16:03 WIB
Benny Wenda, sang presiden sementara Republik Papua Barat pasca pendeklarasian kemerdekaan di Inggris.
Benny Wenda, sang presiden sementara Republik Papua Barat pasca pendeklarasian kemerdekaan di Inggris. /twitter.com/@BennyWenda

BERITA DIY - Benny Wenda, ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mendeklarasikan kemerdekaan Papua Barat pada Selasa, 1 Desember 2020 di Inggris yang menjadi tempat pengasingan Benny Wenda.

Deklarasi kemerdekaan Republik Papua Barat tersebut kemudian disambung dengan pengangkatan Benny Wenda sebagai Presiden sementara Republik Papua Barat.

Baca Juga: Cair Bulan Ini, Cek Penerima BST di dtks.kemensos.go.id Beserta Cara Daftar BLT Agar Dapat di 2021

Lantas siapakah sosok Benny Wenda ini dalam pergerakan kemerdekaan Papua Barat? Berikut di bawah ini penjelasan singkat mengenai profil Benny Wenda.

Dilansir dari berbagai sumber, Benny Wenda merupakan seorang ketua organisasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Organisasi ini merupakan organisasi yang menjadi wadah perjuangan untuk kemerdekaan Papua Barat yang juga menjadi wadah atas 3 organisasi perjuangan, seperti Republik Federal Papua Barat (Federal Republic of West Papua, NRFPB), Koalisi Pembebasan Nasional Papua Barat (West Papua National Coalition for Liberation, WPNCL) dan Parlemen Nasional Papua Barat (National Parliament of West Papua, NPWP.

Baca Juga: NIK Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id/bpum? Begini Mekanisme Pencairan BLT Banpres UMKM BPUM

Benny Wenda lahir di Lembah Baliem, Papua pada 17 Agustus 1974 dan di masa mudanya Benny Wenda hidup di sebuah desa terpencil di kawasan Papua Barat.

 

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x