Pidato Erdogan Kritik Keras Israel, Wakil Israel Balik Kanan Tinggalkan Sidang Umum PBB

- 23 September 2020, 17:04 WIB
Potret Presiden Recep Tayyib Erdogan dari Turki
Potret Presiden Recep Tayyib Erdogan dari Turki /Instagram.com/@rterdoganeng/Instagram

Berita DIY - Recep Tayyip Erdogan yang tidak lain adalah Presiden Turki melangsungkan pidato dalam Sidang Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) ke-75 pada Selasa, 22 September 2020 kemarin yang mengecam adanya penindasan, kekerasan, dan intimidasi oleh Israel terhadap rakyat Palestina.

Diketahui bahwa salah satu yang menjadi pembahasan dalam Sidang Umum PBB tersebut ialah mengenai penyelesaian damai antara Palestina dan Israel tanpa kehadiran pihak Palestina dalam persidangan.

Tamparan keras dalam setiap kata pidato Erdogan nampak menyinggung perwakilan Israel hingga perwakilan tetap Israel untuk PBB yakni Gilad Erdan berjalan keluar dari aula persidangan sebelum pidato Erdogan berakhir.

Baca Juga: Kesuksesan Pilkada Jadi Kegagalan Penanganan Covid-19, Erick Thohir: Tidak ada artinya

"Tangan kotor itu yang menjangkau privasi Yerusalem, di mana tempat-tempat suci tiga agama besar hidup berdampingan, terus meningkatkan kekurangajarannya." penggalan pidato Erdogan sebagaimana dilansir dalam ANTARA.

Erdogan dalam pidatonya dengan terang dan tegas mengecam berbagai tindakan penindasan, kekerasan, dan intimidasi kepada rakyat Palestina yang telah berjalan lebih dari setengah abad.

Lebih jauh Erdogan mengatakan bahwa Turki menolak dokumen penyerahan yang coba diberlakukan di Palestina atas nama 'Kesepakatan Abad' Ini yang menguntungkan pihak Israel karena Palestina dimerdekakan hanya di atas tanah Gaza saja.

Baca Juga: Penting!! Calon Penumpang Pesawat Bandara Soekarno-Hatta Wajib Tahu Aturan Ini Selama PSBB Jakarta

Erdogan dan Turki tidak akan pernah menyetujui berbagai upaya dan rencana untuk Palestina yang ditolak mentah-mentah oleh rakyat Palestina karena Turki akan banyak mendengar suara rakyat Palestina.

Halaman:

Editor: Nia Sari

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x