10 Negara Terkaya di Dunia 2023, Indonesia Urutan Berapa?

- 24 Mei 2023, 12:15 WIB
Ilustrasi - 10 negara terkaya di dunia 2023 versi global finance, Indonesia urutan berapa negara terkaya.
Ilustrasi - 10 negara terkaya di dunia 2023 versi global finance, Indonesia urutan berapa negara terkaya. /www.pixabay.com


BERITA DIY - Berikut merupakan 10 negara terkaya di dunia 2023 versi Global Finance. Indonesia menempati urutan ke berapa? Simak informasi lengkapnya.

Kekayaan suatu negara tidak bisa dilihat hanya dari Produk Domestik Bruto (PDB). PDB hanya mengukur nilai keseluruhan jumlah barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam satu tahun. Kemudian membagi output ini dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Hal demikian membuat negara yang wilayahnya kecil namun pendapatannya besar memiliki kesempatan menjadi negara terkaya karena jumlah penduduknya sedikit. Hal ini menjadi tidak adil jika negara tersebut memiliki ketimpangan pendapatan karena distribusi pendapatannya yang tidak merata.

Akan tetapi, jika kita menghitung tingkat inflasi dan biaya barang serta jasa lokal suatu negara kita dapat mempunyai gambaran yang lebih akurat tentang standar hidup rata-rata negara tersebut.

Baca Juga: Profil Dr Zakir Naik yang akan Datang ke Indonesia: Umur Berapa, Asal Negara, dan Kitab yang Dihafal

Perhitungan tersebut disebut juga dengan Purchasing Power Parity (PPP) atau dalam artian paritas daya beli (PPP) yang dinyatakan dalam bentuk dolar AS.

Negara-negara yang memiliki PPP sangat tinggi ternyata juga belum tentu memiliki pemerataan pendapatan populasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini karena biaya hidup antara suatu negara dengan negara lain adalah berbeda-beda.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x