Sudah Diuji, Ternyata Masker Jenis Ini Kurang Efektif Lindungi Diri dari Covid-19

- 11 Agustus 2020, 11:54 WIB
Ilustrasi: masker/
Ilustrasi: masker/ /pixabay/cromaconceptovisual

BERITA DIY - Sejak pandemi Covid-19 berlangsung, warga dunia pun jadi akrab dengan masker. Penggunaan alat pelindung diri ini diyakini bisa membantu mencegah penyebaran Covid-19.

Di Indonesia, beragam masker pun bermunculan di tengah langkanya masker medis. Masker dari kain disebut bisa menjadi alternatif sehingga banyak orang berpindah haluan. Belakangan ini, masker dari beragam bahan dengan model ala warga +62 pun makin marak.

Meski begitu, kita harus benar-benar teliti saat menggunakan masker. Pasalnya, berdasarkan sebuah tes sederhana yang dilakukan, tidak tidak semua masker memiliki efektivitas yang sama dalam memberikan perlindungan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: PERURI Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Sebuah tes dilakukan oleh tim peneliti dari Duke University terhadap berbagai variasi masker. Tes dilakukan untuk melihat jenis masker apa saja yang dapat menghentikan droplet dari mulut penggunanya.

"Kami mengonfirmasi bahwa ketika orang-orang bicara, droplet berukuran kecil akan keluar," ujar salah satu peneliti sekaligus ahli kimia dan fisika, Martin Fischer, Senin, 10 Agustus 2020 seperti dilansir dari Galamedia.

"Sehingga penyakit (Covid-19) bisa disebarkan melalui berbicara, tanpa batuk atau bersin," sambung dia seperti dilansir WebMD.

Baca Juga: Arti Nama Panembahan Al Nahyan Nasution, Cucu Keempat Presiden Jokowi

Artikel ini sebelumnya telah tayang di galamedianews.com dengan judul: Hasil Tes, Jenis Masker Ini Kurang Efektif Melindungi Diri dari Covid-19

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Galamedia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x