Kisah Pemilik Chelsea, Anak Yatim Miskin yang Kini Jadi Miliarder

- 3 Agustus 2020, 10:54 WIB

BERITA DIY - Roman Arkadievich Abramovich adalah seorang miliarder asal rusia. Kekayaannya ditaksir mencapai 12,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 177,5 triliun. Abramovich merupakan pemilik klub sepak bola Liga Primer Inggris Chelsea.

Dirinya meraih kekayaan dengan kerja keras. Lantaran Abramovich dilahirkan dalam kemiskinan. ia juga sudah menjadi seorang yatim-piatu sejak berusia tiga tahun.

Baca Juga: Sekilas Pagelaran Premier League Musim 2020/2021

Ibunya meninggal ketika dirinya berusia 18 bulan. Disusul dengan kematian sang ayah ketika usianya masih balita. Pengasuhannya kemudian jatuh ke tangan paman dari sang ayah. Abramovich dibesarkan di Ukhta, kota industri penting di Rusia.
 
 
Tidak seperti anak-anak seusianya, Abramovich memiliki insting bisnis. Ia menyadari pentingnya memiliki uang dan manfaat dari menyimpannya. Hal ini yang membuat dirinya masuk ke dunia bisnis.
 
Ia menjual mainan dan ban mobil ketika masih remaja. Uang hasil jualannya itu ia gunakan untuk menambah uang saku ketika menempuh pendidikan tinggi.
 
 
Ketika mengenyam pendidikan di Moskow Auto Transport Institute tahun 1987, Abramovich juga memulai perusahaan kecil yang memproduksi mainan plastik. Usaha kecil-kecilannya ini ternyata berhasil. Perusahaannya terus berkembang hingga menjadi perusahaan The Comfort Co-op.
 
Keberhasilannya di perusahaan mainan membuatnya memulai bisnis minyak pertama di daerah Omsk. Ia juga mengalami keberuntungan lantaran di tahun 1980, Mikhail Gorbachov membuka pintu privatisasi dan menjadi peluang bisnis untuknya.
 
 
Ia juga berteman dengan Berezovsky seorang pengusaha Rusia yang memiliki kekuatan politik. Berteman dengan Berezovsky memungkinkannya untuk menjalin relasi dengan orang-orang kuat lainnya.
 
Perusahaannya terus melakukan merger hingga menjadi perusahaan minyak terbesar keempat di dunia. Perusahaan minyak miliknya terus berkembang hingga membuat dirinya kaya raya. Di tahun 2003, Abramovich membeli Chelsea saat ia menjadi gubernur di provinsi Chukotka.
 
Bisnisnya juga terus bertambah, dari produk minyak, peternakan babi, hingga jasa perekrutan pengawal. Selain memiliki klub sepak bola internasional, Abramovich juga diketahui memiliki yach terbesar di dunia. Yach yang ia beli pada 2010 itu bernilai 400 juta dolar AS atau setara dengan Rp 5,8 triliun.***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x