Siapa Saja Negara Sekutu Rusia? Ini 7 Negara 'Teman Dekat' Negara Ibukota Moskow

- 7 November 2022, 11:02 WIB
Vladimir Putin. Siapa saja negara sekutu Rusia?  Ternyata ada tujuh negara yang menjadi 'teman dekat' ibukota Moskow itu.
Vladimir Putin. Siapa saja negara sekutu Rusia? Ternyata ada tujuh negara yang menjadi 'teman dekat' ibukota Moskow itu. /Sputnik/Alexei Babushkin/Kremlin via REUTERS

BERITA DIY - Simak informasi siapa saja negara sekutu Rusia, ternyata ada tujuh negara 'teman dekat' ibukota Moskow itu.

Rusia dikenal menjadi negara adidaya dan salah satu yang terkuat di dunia. Karena itulah, banyak negara yang mempunyai hubungan dekat dan harmonis dengan Rusia.

Negara sekutu Rusia sendiri tergabung dalam sebuah organisasi bernama Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif atau Collective Security Treaty Organization (CSTO).

CSTO bertujuan untuk melindungi negara anggota satu kawasan jika mendapat agresi dari negara lain.

Baca Juga: Profil Alina Kabaeva Dikabarkan Pacar Vladimir Putin yang Hamil Anaknya, Umur Berapa, hingga Akun Instagram

Setidaknya hingga hari ini, ada lima negara yang tergabung dalam CSTO yakni Armenia, Tajikistan, Kazakhstan, Belarus, dan Kirgistan.

Ada juga negara yang tak masuk ke dalam anggota CSTO, namun memiliki hubungan yang dekat dengan Rusia.

Beberapa faktor menjadi alasan negara-negara CSTO memiliki hubungan baik dengan Rusia seperti kesamaan ideologi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut negara sekutu Rusia yang berasal dari anggota CSTO dan juga beberapa negara lain yang diketahui dekat dengan negara yang kini dipimpin oleh Vladimir Putin tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x