Peristiwa Sejarah Dunia Tanggal 8 Agustus, Pemakzulan Presiden AS Pertama hingga Pertempuran Amiens di WWI

- 7 Agustus 2022, 12:25 WIB
Ilustrasi - Perstiwa sejarah di dunia yang terjadi pada 8 Agustus pemakzulan presiden Nixon hingga perang Ameins.
Ilustrasi - Perstiwa sejarah di dunia yang terjadi pada 8 Agustus pemakzulan presiden Nixon hingga perang Ameins. /PIXABAY/janeb13

BERITA DIY - Peristiwa-persitiwa dalam sejarah yang terjadi di dunia pada tanggal, 8 Agutus 2022. Terjadi peristiwa pemakzulan presiden Nixon hingga pertempuran Amiens masa World War I (WWI).

Sejarah dunia mencatat kejadian penting yang mungkin tidak akan terulang di masa depan. Terlebih secara spesifik sejarah yang terjadi pada tanggal 8 Agustus di tahun-tahun tertentu.

Seperti salah satu sejarah dunia yang terjadi pada 8 Agustus 1974 dimana kala itu Richard Milhous Nixon mengumumkan mengundurkan diri sebagai presiden Amerika Serikat.

Pada 8 Agustus 1974 lewat pidato siaran televisi, Nixon mengumumkan niatnya untuk menjadi presiden pertama dalam sejarah Amerika yang mengundurkan diri.

Baca Juga: Apa Itu Festival Qixi? Ini Sejarah Chinese Valentine Day yang Diperingati 4 Agustus 2022 dan Cara Merayakannya

Hal ini terjadi lantaran keterlibatan dirinya dalam kasus Watergate, sebuah skandal politik AS terbesar dimana markas besar Komite Nasonal Demokrat di kompleks Watergate Washington, D.C. disadap dan dibobol secara ilegal.

Presiden Nixon mendapatkan tiga pasal pemakzulan dari The Supreme Court pada akhir Juli 1974 yakni penyalahahgunaan kekuasaan presiden, menghalangi keadilan, dan menghalangi proses pemakzulan.

8 Agustus 1918 dimana masa berlangsung perang dunia ke-satu, tentara Inggris melancarkan serangkaian operasi ofensi terhadap Jerman di Sungai Somme, barat laut Prancis setelah merebut jalur kereta api Amiens yang membentang antara Mericourt dan Hangest.

Sebuah gempa bumi dahsyat dengan perkiraan kekuatan 8 skala richter menguncang pulau Kreta di Yunani dan menimbulkan tsunami besar pada 8 Agustus 1303. Peristiwa ini dikenal sebagai Crete Earthquake.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono

Sumber: History


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x