Profil Ferdinand Marcos, Presiden ke-10 Filipina yang Menjabat Selama 21 Tahun: Karier dan Kontroversi

- 11 Mei 2022, 11:29 WIB
Ilustrasi bendera Filipina- Profil Ferdinand Marcos, presiden ke-10 Filipina yang menjabat selama 21 tahun mulai dari karier dan kontroversi.
Ilustrasi bendera Filipina- Profil Ferdinand Marcos, presiden ke-10 Filipina yang menjabat selama 21 tahun mulai dari karier dan kontroversi. /Pixabay/titus_jr0

BERITA DIY - Simak profil Ferdinand Marcos, presiden ke-10 Filipina yang menjabat selama 21 tahun mulai dari karier dan kontroversi.

Nama Ferdinand Marcos kembali mencuat setelah sang putra, Bongbong Marcos terpilih sebagai Presiden Filipina dalam Pemilihan Presiden 2022.

Terpilihnya Bongbong Marcos tentu akan membuat masyarakat Filipina kembali terkenang akan sang mantan Presiden, Ferdinand Marcos.

Baca Juga: Peringatan Hari Argania Internasional 10 Mei 2022: Ini Sejarah, Tema dan Tujuan Perayaan Setiap Tahun

Namun tentu saja bukan kenangan yang baik. Ferdinand bersikap sangat diktator selama menjabat. Bahkan dalam kemenangannya yang ke-4 kali pada 1986, Ferdinand diduga telah melakukan kecurangan.

Dirinya pun digulingkan dari jabatannya sebagai presiden dalam Revolusi EDSA, sebuah revolusi yang damai di bawah pimpinan Corazon Aquino (janda Benigno Aquino), pada tahun yang sama.

Profil Ferdinand Marcos

Ferdinand Emmanuel Edralin Marcos Sr lahir pada 11 September 1917 dan meninggal dunia pada 28 September 1989. 

Ia merupakan Presiden kesepuluh Filipina yang menjabat dari 30 Desember 1965 hingga 25 Februari 1986.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x