Sejarah Hari Ibu 8 Mei 2022 dan Daftar Negara yang Merayakan, Apa Termasuk Indonesia?

- 8 Mei 2022, 13:25 WIB
Ilustrasi sejarah Hari Ibu 8 Mei 2022 dan daftar negara mana saja yang merayakan.
Ilustrasi sejarah Hari Ibu 8 Mei 2022 dan daftar negara mana saja yang merayakan. /Pixabay/ PublicDomainPictures

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Ibu atau Mothers Day tanggal 8 Mei 2022 dan daftar negara di dunia yang merayakan, apa termasuk Indonesia?

Di berbagai negara di belahan dunia memiliki perayaan Hari Ibu atau Mothers Days tersendiri, salah satunya jatuh pada hari ini, Minggu, 8 Mei 2022.

Adapun sejarah Hari Ibu tanggal 8 Mei 2022 akan dijelaskan di sini. Apakah Indonesia termasuk salah satu dari daftar negara yang ikut merayakan momen spesial tersebut?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Vaksin Booster? Simak Syarat dan Vaksin Apa Saja yang Bisa Digunakan

Dikutip dari situs History, Hari Ibu di Amerika Serikat pertama kali diciptakan oleh Anna Jarvis pada tahun 1908 dan menjadi hari libur resmi di AS pada tahun 1914.

Perayaan Hari Ibu dapat ditelusuri kembali ke zaman Yunani dan Romawi kuno. Tujuan dari adanya momen ketika itu adalah untuk menghormati ibu dewi Rhea dan Cybele.

Namun versi lain mengatakan asal mula Hari Ibu yang lebih diakui dimulai ketika adanya festival Kristen awal yang disebut dengan 'Mothering Sunday'.

Baca Juga: Tata Cara Bayar Fidyah Ibu Hamil, Orang Sakit, Menyusui, dan Orang Mati: Niat, Besaran Uang dan Takaran Beras

Tradisi ini pernah terkenal di Inggris serta sebagian besar Eropa dan jatuh pada hari Minggu keempat setelah Paskah. Orang-orang Kristen kembali beribadah ke gereja terdekat saat Mothering Sunday.

Seiring berjalannya waktu, tradisi Hari Ibu yang jatuh pada hari Minggu tersebut dirayakan dengan cara yang lebih sekuler.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x