Apa Itu Covid Varian XJ yang Terdeteksi di Thailand? Berikut Penjelasannya

- 8 April 2022, 20:25 WIB
Berikut varian terbaru Covid-19 yang ditemukan di Thailand.
Berikut varian terbaru Covid-19 yang ditemukan di Thailand. /PEXELS/O H

BERITA DIY - Baru-baru ini, dunia kembali dihebohkan dengan munculnya sub varian baru dari Covid-19 jenis Omicron yakni, XJ yang ditemukan di Thailand. Apa itu Covid varian XJ? Berikut penjelasannya.

Seusai ditemukannya varian XE di Thailand yang juga sempat membuat resah beberapa waktu lalu setelah Inggris mengumumkan terkait warganya yang terinfeksi varian XE di negara tersebut, kembali terdeteksi varian terbaru.

Hal ini bermula ketika ditemukanya seorang pengantar paket (kurir) yang diketahui terinfeksi varian baru Corona yang belum terdeteksi sebelumnya di Thailand.

Baca Juga: Syarat Mudik Lebaran 2022: Vaksin Covid-19, Tes Antigen, dan Bakal Ada Penyekatan di Jalur Mudik?

Apa itu Covid-19 varian XJ?

Dilansir dari Bangkok Post, varian XJ adalah sebuah kombinasi lain dari varian BA.1 dan BA.2 yang sudah lebih dulu terdeteksi di Finlandia.

Sebuah tes di rumah sakit di Bangkok menemukan jenis virus corona yang sangat dekat dengan rekombinan XJ pada Februari 2022.

"Kami masih membutuhkan informasi lebih lanjut untuk konfirmasi. Ini sangat mungkin menjadi rekombinan XJ," ujar Dr Supakit.

Dirinya pun melanjutkan, jika seorang pengantar paket yang terinfeksi varian XJ itu sebelumnya telah diinokulasi dengan dua dosis vaksin Sinopharm.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x