Syarat Menjadi Anggota G20, Mengapa Indonesia Masuk? Serta Indikator Penilaianya

- 2 April 2022, 21:10 WIB
Berikut syarat menjadi anggota G20.
Berikut syarat menjadi anggota G20. /Instagram.com/@indonesia.g20

BERITA DIY - Berjalan satu tahun, Indonesia memegang Presidensi G20 tepatnya sejak 1 Desember 2022. Simak apa saja syarat menjadi anggota G20. 

Dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi mengatakan tema G20 tahun 2022 ialah "Recover Together, Recover Stronger".

Lalu, bagaimana bisa Indonesia masuk menjadi anggota G20, lantas apa saja syarat menjadi bagian dari G20? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Simak Profil dan Biodata Maudy Ayunda Jubir Presidensi G20 Indonesia: IG, Karier, Usia dan Pendidikan

Group of Twenty atau G20 merupakan sebuah forum kerja sama multilateral dari 19 negara utama dan Uni Eropa.
 
Di antara negara-negara yang tergabung ke dalam anggota G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Turki, dan Uni Eropa.
 
Dalam forum ini, akan memperesentasikan mengenai 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen produk Domestik Bruto (PDB) dunia.
 
Untuk menjadi bagian dari G20 tentu tidak sembarang negara bisa menjadi anggota. Hal ini berkaitan denan adanya syarat dan ketentuan sebuah negara bisa menjadi anggota G20.
 
G20 pertama kali dibentuk pada tahun 1999 saat anggota G7 berusaha merangkul beberapa negara maju untuk mengatasi krisis yang melanda Asia, Rusia, dan Amerika Latin.
 

Tujuan utama dari forum G20 ialah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Sementara itu, arti dari Presidensi G20 ialah pemimpin dari forum tersebut yang terus berganti setiap tahun.

Menilik dari kesembilan belas negara yang menjadi anggota G20, Indonesia menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang bergabung dan menjadi perwakilan anggota G20.

Syarat anggota G20
 
G20 merupakan representasi dari perekonomian dunia, investasi global, perdagangan internasional serta populasi dunia. Seperti dijelaskan, terjalin kerjasama oleh negara-negara anggtoa dari G20
 
Syarat dan kriteria menjadi anggota G20 secara sederhana yakni merupakan negara yang memberikan kontribusi pada sektor perekonomian serta turut menjaga stabilitas keuangan dunia.
 
 
Salah satu indikator penilaiannya mengacu pada Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product (GDP).
 
Dilansir dari situs resmi g20.org, G20 melibatkan negara berpenghasilan menengah dan punya pengaruh terhadap ekonomi dunia yang sistemik, termasuk Indonesia.
 
Demikian informasi mengenai syarat dan kriteria menjadi anggota G20 serta indikator penilaiannya.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x