Tanggal 20 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan 10 Cerita Rakyat Indonesia

- 20 Maret 2022, 05:00 WIB
Hari Dongeng Sedunia yang diperingati hari ini, Minggu, 20 Maret 2022.
Hari Dongeng Sedunia yang diperingati hari ini, Minggu, 20 Maret 2022. /tangkap layar ditpsd.kemdikbud.go.id

BERITA DIY – Simak sejarah Hari Dongeng Sedunia yang diperingati tanggal 20 Maret 2022 dan daftar 10 ceirta rakyat Indonesia beserta asal daerahnya.

 

Hari Dongeng Sedunia jatuh setiap tanggal 20 Maret. Untuk tahun 2022 ini, perayaan tepat hari Minggu atau Minggu 16 Kliwon, Wuku Watugunung pada kalender Jawa dan 17 Syaban 1443 H dalam penanggalan Hijriyah.

Menurut Days of The Year, sejarah Hari Dongeng Sedunia tanggal 20 Maret 2022 pertama kali diperingati di Swedia pada tahun 1991. Tak berselang lama, momen juga dirayakan di seluruh dunia.

Baca Juga: 18 Maret Diperingati Hari Apa? Ini Tiga Perayaan yang Jatuh Pada 18 Maret 2022, Ada Global Recycling Day

Meski begitu, asal muasal Hari Dongeng Sedunia telah ada sejak adanya manusia itu sendiri. Faktanya, manusia tidak dapat benar-benar memahami dunia di sekitar tanpa adanya narasi dan cerita dari orang-orang terdekatnya.

Para pendongeng dihormati dalam budaya di seluruh dunia. Bahkan Sebagian mereka dianggap sebagai seorang pemimpin, guru, penghibur, dan masih banyak lagi.

Misalnya pada Abad Pertengahan, seorang pendongeng pengembara yang dikenal sebagai penyanyi kerap menghibur para pangsawan dan petani dengan kisah menawan mereka.

Baca Juga: 16 Maret 2022 Hari Apa Dalam Kalender Islam dan Masehi? Berikut Penjelasannya

Contoh lain, orang Aborigin di Australia misalnya, menggunakan gambar goa untuk membantu mengingat cerita, dan pendongeng sering menggunakan lagu, nyanyian, dan tarian untuk membantu ingatan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x